D-ONENEWS.COM

Pesan Presiden Jokowi Saat Melepas Kontingen Olimpiade Tokyo

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo melepas kontingen tim Indonesia yang akan menuju Olimpiade Tokyo di Istana Negara, Kamis, 8 Juli 2021. Dalam upacara secara virtual itu, Presiden didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, serta Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020, Rosan Roeslani.

Kontingen Indonesia yang berangkat terdiri dari 28 atlet dan 17 ofisial untuk berjuang selama Olimpiade berlangsung, 23 Juli – 10 Agustus 2021. Dari 33 cabang olah raga yang dipertandingkan, Indonesia akan mengikuti 8 cabor antara lain Atletik, Panahan, Rowing (Dayung), Menembak, Bulu Tangkis, Angkat Besi, Renang, dan Selancar.

Dalam acara pelepasan kontingen ini, Menpora menyampaikan laporan terkait atlet dan ofisial yang berangkat ke Tokyo.

“Kontingen Indonesia terdiri dari 28 atlet dan 17 ofisial dipimpin oleh Chef de Mission (CdM) bapak Rosan Roeslani,” ujarnya, dikutip Tempo.co, Kamis (8/7).

Semua atlet dan ofisial sudah mendapat vaksinasi pada 26 Februari 2021 lalu.

Amali menjelaskan, jumlah atlet yang diberangkat pada olimpiade ini melebihi dari target awal pemerintah yang hanya dapat memberangkatkan 22 atlet karena situasi COVID-19. “Tetapi karena usaha dan kerja keras dari semua pihak kita bisa memberangkatkan 28 atlet,” ujarnya.

Ia juga berterimakasih kepada Presiden Jokowi atas perhatiannya terhadap kemajuan olahraga di tanah air.

“Kami mengapresiasi bahwa dalam situasi seperti sekarang ini dan kita sedang prihatin dengan pandemi COVID-19, tetapi perhatian Bapak Presiden terhadap olahraga Indonesia tetap ada dan ditunjukkan dengan pelepasan secara virtual. Karena ini adalah komitmen pemerintah untuk mendorong majunya olahraga di tanah air,” ucap Amali.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam arahannya mengapresiasi kerja keras dan persiapan yang maksimal dari semua pihak, terutama para atlet dalam menghadapi Olimpiade Tokyo 2020 ini. Jokowi meminta kepada para atlet untuk bertanding secara sportif dan berharap dapat meraih medali juara.

“Oleh karena itu, hari-hari ini sampai ke puncak pertandingan agar jaga kesehatan, jaga stamina, jaga motivasi dan fokus pada pertandingan dan fokus pada prestasi. Rakyat menaruh harapan besar kepada saudara-saudara dan prestasi saudara akan menjadi prestasi negara kita Indonesia. Selamat menjalankan amanat berat ini, rakyat menunggu saudara kembali ke Tanah Air dengan membawa medali yang membanggakan Indonesia. Semoga perjuangan saudara-saudara berhasil,” ucap Presiden. (tc)

Loading...