D-ONENEWS.COM

Polisi Serap Data Digital Milik Tersangka ES dan TN, Jumlah Artis Bertambah

Surabaya,(DOC) – Avriellya Shaqqila (AS) artis yang tersangkut dugaan praktek protitusi online di Surabaya, kembali mendatangi Mapolda Jatim, Jumat(11/1/2019) sore.

AS yang datang sendiri di Mapolda Jatim untuk memenuhi kewajiban lapor kehadiran, sekaligus memberikan keterangan guna melengkapi berkas perkara tersangka ES dan TN yang berperan sebagai mucikari.

Ia diperiksa selama 2 jam di ruang Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim.

“Saya menjawab semua pertanyaan pertanyaan penyidik dengan mudah,” ungkap AS kepada para awak media, sambil menebar senyum.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan, data digital milik tersangak ES dan TN telah diserap penyidik. Begitu juga dengan data digital milik artis Vanessa Anggel(VA) dan AS yang sudah di kantongi pihak kepolisian.

“Data digital berupa akun media sosial dan percakapan di smartphone yang dimiliki tersangka dan para saksi korban. Ini diperlukan untuk membongkar jaringan prostitusi online,” ungkap Kabid Humas.

Hasil penyerapan data digital, kata Kabid Humas, polisi bisa dijadikan bukti adanya jaringan prostitusi online dan siapa saja yang terlibat.

“Buktinya termasuk foto-foto dan video yang direkam serta di unggah ke media sosial. Termasuk lokasi kejadian praktek prostitusi online,” tandasnya.

Untuk sementara, polisi mendeteksi sebanyak 45 artis dan 100 model yang terlibat jaringan prostitusi online.

Polisi Bongkar Nama Asli Para Artis dan Model Yang di Duga Kuat Terlibat Prostitusi Online

Ditreskrimsus Unti V Cyber Crime Polda Jatim mengungkap nama-nama 6 artis yang diduga terlibat dalam kasus protitusi online.

Mereka adalah Maulia Lestari (ML), Baby Shu (BS), Fatya Ginanjarsari (FG), Riri Frebrianti (RF) Aldera Cena (AC) dan Tiara Permata Sari (TP).

Nama para artis tersebut diperoleh dari hasil olah data digital forensik, dengan membongkar riwayat percakapan di hanphone kedua tersangka ES dan TN.

“Data itu juga dilengkapi dengan transaksi perbankan lewat transfer rekening dari kedua tersangka,” kata Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Sebelumnya pihak kepolisian menyebut ada 5 artis dan model yang diduga kuat terlibat dalam praktek prostitusi online. Namun setelah hasil penyidikan, terdapat satu tambahan artis yang diduga terlibat dalam kasus tersebut, yakni finalis Putri Indonesia 2017.(hadi/r7)

Loading...

baca juga