Presiden Jokowi Buka Sidang Umum International Council of Women di Yogyakarta

Yogyakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Sidang Umum ke-35 International Council of Women (ICW), organisasi perempuan dunia di bawah PBB dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia yang diselenggarakan oleh ICW dan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Jumat (14/9/2018).

Berbagai persiapan akhir menjelang kedatangan Presiden Jokowi dilakukan panitia dan instansi terkait seperti TNI/Polri dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Tadi malam juga telah berlangsung gladi bersih acara dengan menyertakan panitia, Protokol Kepresidenan, Paspampres, Biro Pers, Pemerintah Provinsi, dan pimpinan TNI/Polri setempat.

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Hotel Grand Inna Malioboro sekitar pukul 14.00 WIB. Pembukaan acara Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia, akan berlangsung beberapa saat setelah kedatangan Presiden Jokowi.

Presiden dijadwalkan memberikan kata sambutan, setelah sambutan dari Presiden ICW Jungsook Kim dan Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo.

Giwo juga akan menyampaikan Deklarasi Perempuan Indonesia dan penandatanganan seribu organisasi perempuan secara simbolik dari perwakilan organisasi perempuan.

Sementara pada Jumat pagi, rangkaian acara Sidang Umum ke-35 ICW tetap berlangsung hingga 18 September mendatang.

Begitu pula Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia yang berlangsung sejak kemarin juga akan berakhir pada Jumat malam ini.

Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia didukung penuh oleh Kementerian BUMN dan sebanyak 35 BUMN, termasuk Kantor Berita Antara, turut menyukseskan penyelenggaraan pertemuan internasional ini.

Atas penyelenggaraan acara itu pihak Museum Rekor Duni Indonesia (Muri) juga memberikan piagam pencatatan rekor kepada tiga pihak yaitu Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Kementerian BUMN, serta Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo, atas penyelenggaraan pertemuan seribu organisasi  perempuan yang menjadi pertemuan dengan delegasi organisasi terbanyak.

Menteri BUMN Rini Soemarno menerima piagam penghargaan dari Muri itu karena juga menjadi tokoh perempuan kebanggaan Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno pun mengaku bangga karena ternyata ada seribu organisasi perempuan di Indonesia yang hadir dalam temu nasional itu.

“Saya semula sangsi, apakah benar ada seribu, ini seribu perempuan atau seribu organisasi perempuan, ternyata saya dapat konfirmasi bahwa ada seribu organisasi perempuan di Indonesia, saya bangga,” katanya.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia sangat memperhatikan soal pemberdayaan perempuan di berbagai bidang.

Rini merupakan salah satu dari delapan Menteri perempuan yang menduduki posisi strategis di jajaran kabinet pemerintahan.

Menurut dia, perempuan harus saling bekerja sama untuk bahu membahu mengatasi berbagai persoalan perempuan dan membangun bangsa.

“Kita punya kekuatan untuk mendorong negara ini menjadi lebih kuat dan maju lagi,” katanya menegaskan di hadapan para peserta Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia.(ara/ziz)

Tag: