D-ONENEWS.COM

Presiden Resmikan Jalan Tol Probolinggo – Pasuruan

Probolinggo (DOC)- Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 kilometer .

Peresmian dilakukan di gerbang timur tol Paspro. Tepatnya di Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, pada Rabu (10/4/2019).

Peresmian Jalan Tol dihadiri sejumlah pejabat penting. Seperti Menteri PUPR-RI, Basuki Hadimuljono; Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri BUMN Rini Soemarno dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Tol Paspro 31,30 Kilometer (Km) pembangunanya ada tiga sesi, yakni sesi satu, dua dan tiga. Untuk sesi satu, melewati Grati – Nguling sepanjang 8 km.

Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo memiliki tiga Gerbang Tol (GT) yakni GT Tongas, GT Probolinggo Barat, dan GT Probolinggo Timur.

Presiden Direktur PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra  mengatakan, proyek Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo diperoleh Waskita pada 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp2,9 triliun.

“Diharapkan bisa memberi peluang bangkitnya potensi di daerah yang akan meningkatkan konektivitas yang lebih baik untuk pertumbuhan ekonomi lokal,” Imbuhnya.

Sebelumnya jalan Tol Paspro telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pengerjaan proyek jalan tol ini dimulai Mei 2016 dan selesai pada Desember 2018 lalu.

Presiden Jokowi mengatakan, jika tol trans Jawa sudah tembus sampai Banyuwangi akan tembus 1148 kilometer. Sedangkan saat ini kurang 186 kilometer.

“Saat ini Jakarta dari Cawang sampai Probolinggo 840 kilometer sudah tembus. Kalau dimulai ujung barat Jawa, dari Merak sampai Probolinggo sudah tembus 926 kilometer,” kata Presiden Jokowi.

Dengan tembusnya jalan tol Pasuruan Probolinggo dan trans Jawa nantinya, Jokowi berharap agar terjadi mobilitas orang, dan mobilitas barang dan mobilitas logistik bisa lebih cepat.

“Diharapkan kawasan industri kecil, industri mikro di daerah-daerah akan cepat berkembangnya karena akses ke produk lebih mudah, lebih murah dan lebih efisien. Dan tentunya akses ke pariwisata juga lebih mudah,” terang Presiden.

Bersama jajaran, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk mengecek kondisi jalan tol dan meninjau operasional tol yang akan dioperasikan hari ini.(doc/ziz)

Loading...

baca juga