RAKOR PENYEMPURNAAN DPT PEMILU 2019; KINERJA KPU KABUPATEN/KOTA HARUS DITINGKATKAN

 

Surabaya, kpujatim.go.id – Dalam kontek kekinian, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 menjadi isu seksi dan sekaligus bahan pembicaraan publik. Bahkan, di beberapa layar kaca bisa disaksikan betapa pentingnya DPT dan menarik minat banyak orang dalam membahas sekaligus mendikusikannya.

Demikian dikatakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito saat sambutan dan sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi (Rakor) Penyempurnaan DPT dan sekaligus Pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT Hasil Perbaikan Dalam Pemilu 2019.

“Selain sudah menjadi konsumsi publik, lebih ironis lagi ada banyak orang yang salah dalam memahami hal yang berkaitan dengan DPT,” ujar Eko.

Mantan Ketua KPU Kota Surabaya ini berharap ke depan, jika ada kritik dari orang atau beberapa pihak, alahkah lebih baiknya bagi pihak penyelenggara (KPU Kabupaten/Kota) dapat segera meminta orang tersebut menunjukkan letak kesalahan yang ada, terutama berkaitan dengan DPT.

Tujuannya, tidak lain agar dapat segera untuk diklarifikasi atau diluruskan. Eko menambahkan, yang perlu diingat oleh seluruh penyelenggara yakni, sebuah perkara hanya dapat dibuktikan dengan alat bukti. Dengan seperti ada alat bukti, menjadikan tolak ukur kinerja penyelenggara sudah benar.

“Maka dari itu, mari buktikan bahwa kerja penyelenggara sudah benar sehingga tidak bisa dijadikan persoalan lagi di kemudian hari,” terangnya.

Rapat Koordinasi (Rakor) Penyempurnaan DPT Pemilu 2019 berlangsung selama dua hari, mulai Kamis – Jum’at (13 – 14 September 2018), di Hotel Narita Surabaya. Sekaligus dilanjutkan dengan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT Hasil Perbaikan Dalam Pemilu 2019.

Adapun peserta dari acara tersebut perwakilan dari KPU Kabupaten/Kota, sebanyak tiga orang. Rinciannya dari unsur Ketua, Divisi Perencanaan dan Data, serta operator Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dari masing-masing KPU Kabupaten/Kota.

(BIB/BAY)