RAPAT PLENO TERBUKA KPU JATIM; TENTANG REKAPITULASI DPT-HP PEMILU 2019

 

Surabaya, kpujatim.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur melaksanakan Rapat Pleno Terbuka, di Hotel Narita, Jum’at (14/9). Agenda dari rapat pleno terbuka adalah berkaitan dengan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito yang memimpin langsung rapat pleno terbuka menyampaikan, bahwa apa yang diselenggarakan merupakan salah satu dari serangkaian tahapan dalam Pemilu 2019. Itupun atas beberapa masukan dan rekomendasi dari pihak-pihak terkait, termasuk masukan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut rekomendasi dari Bawaslu, yang dikemas dalam SE (Surat Edaran) 1033,” ujarnya.

Eko menerangkan, tindak lanjut tersebut kemudian dilakukan pencermatan,verifikasi, dan penghapusan bersama di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. Dia juga menjamin, tanpa adanya rekomendasipun, jajarannya di KPU Kabupaten/Kota tetap akan sepenuh hati melakukan pencermatan sendiri terhadap DPT.

Dia merinci, adapun pencermatan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota berdasar pada beberapa hal seperti kegandaan, ubah elemen data, pemilih Memenuhi Syarat (MS) yang belum masuk dalam DPT, serta juga pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) lainnya akibat beberapa hal seperti meninggal dunia.

“Yang kami lakukan terkait dengan DPT juga sudah sangat teliti, guna meminimalisir kesalahan yang ada,” terang Eko.

Dia menambahkan, dalam melakukan penghapusan DPT pihaknya tidak melakukan secara serta merta. Ada beberapa proses yang dijalani mulai dari pencermatan dalam system yang ada dan juga verifikasi factual.

“Bulan Desember nanti juga akan ada DPT-HP kedua. Prinsipnya KPU RI membuka ruang untuk mendapatkan masukan dari semua pihak,” pungkasnya.

(BIB/ANY/BAY)