D-ONENEWS.COM

Romokalisari Adventure Land Diminati Wisatawan, Perhari Capai Ribuan Orang

foto: Romokalisari Adventure Land

Surabaya,(DOC) – Romokalisari Adventure Land menjadi salah satu primadona destinasi wisata di Kota Surabaya, Jawa Timur. Saat libur Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah. Destinasi wisata yang di launching Wali Kota Eri akhir September 2022 lalu, ramai di padati pengunjung.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, pada momen libur Lebaran kali ini, pengunjung Romokalisari Adventure Land meningkat di banding hari biasa.

Per hari jumlah pengunjung bisa mencapai 750 hingga 1000 orang.

“Peningkatannya (pengunjung) mencapai sekitar 100 hingga 200 persen di bandingkan sebelum Hari Raya Idulfitri 1444H,” kata Antiek Sugiharti saat dihubungi Selasa (25/4/2023).

Menurutnya, puncak kunjungan wisatawan di Romokalisari Adventure Land terjadi pada H+2 dan H+3 Lebaran atau tepatnya pada Senin-Selasa 24-25 April 2023. Menariknya, banyak pengunjung yang datang bersama keluarga saat libur Lebaran kali ini berasal dari luar Kota Surabaya. “Prediksi puncak kunjungan hari Senin dan Selasa. Banyak wisatawan yang berasal dari luar Surabaya,” ujar Antiek.

Ia juga menerangkan, bahwa saat ini terdapat delapan wahana wisata yang tersedia di Romokalisari Adventure Land. Sejumlah wahana ini, terdiri dari Playground, Mini Zoo, Arena Berkuda, ATV, Kano, Sekoci besar dan kecil hingga Jetski. “Wahana paling di minati (pengunjung), wahana perahu wisata dan ATV,” ungkap mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya tersebut.

Selain spot wisata, pengunjung Romokalisari Adventure Land juga bisa melihat aneka satwa burung yang berada di kompleks wahana Mini Zoo. Setidaknya ada delapan jenis burung atau unggas yang mengisi koleksi Mini Zoo di sana.

Sejumlah burung itu terdiri dari Jalak Hitam ada 6 ekor, Jalak Suren 6 ekor, Burung Murai 6 ekor, Burung Nuri 6 ekor, Burung Falk (Parkit Australia) 6 ekor, Burung Kepodang 6 ekor, Burung Gelatik ada 6 ekor dan Ayam Golden Peasant ada 3 ekor.

Selain burung, Mini Zoo Romokalisari Adventure Land juga dilengkapi sejumlah satwa lain. Di antaranya, Kura-kura Sulcata ada 8 ekor, Domba Merino ada 10 ekor dan Kelinci Rex Dewasa sebanyak 33 ekor.

Romokalisari Adventure Land yang berdiri di atas lahan seluas 76.769 meter persegi juga di lengkapi lapak penjual aneka olahan ikan, serta stan makanan dan minuman. Dengan begitu, pengunjung yang datang tak perlu bingung jika ingin membeli makanan dan minuman.

Keberadaan Romokalisari Adventure Land, rupanya tak sekadar sebagai destinasi wisata di Kota Pahlawan. Namun keberadaannya juga memberikan dampak ekonomi bagi warga setempat. Alhasil, momen libur Lebaran kali ini, juga berdampak terhadap peningkatan pendapatan warga yang bekerja di sana. “Alhamdulillah, pendapatan MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) banyak, terutama stan makanan, minuman dan stan ikan atau olahan ikan,” pungkasnya.

Wisata Romokalisari Adventure Land buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Pengunjung bisa datang langsung tanpa harus membayar tiket masuk alias gratis. Namun, untuk bermain di wahana, ada tiket masuk yang di bandrol.

Harga tiket bervariasi dan di rasa masih terjangkau masyarakat. Seperti di antaranya, tiket untuk Sepeda Air Rp10.000 per orang, Wisata Perahu Rp10.000 per orang, Kano Rp10.000 per orang, ATV track pendek Rp25.000 per orang, ATV track panjang Rp50.000 per orang, Sekoci besar dan kecil Rp10.000 per orang dan Lintasan Kuda Rp20.000 per orang.(hm/r7)

Loading...

baca juga