D-ONENEWS.COM

Rupiah Melemah, PLN Jamin Tarif Dasar Listrik Tidak Naik

Surabaya (DOC) – Meski nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika melemah pada Senin (2/7) )hingga menembus Rp14,476/dollar Amerika, namun PLN memastikan tidak akan mempengaruhi tarif dasar listrik.

Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Sofyan Basir mengatakan, Sebagai strategi mengatasi gejolak tersebut, dia mengatakan telah menerapkan strategi hedging. Akan tetapi, skema tersebut dinilai ampuh untuk melakukan pembayaran atau pengeluaran dalam jangka pendek.

Sofyan menjelaskan bahwa pihaknya bakal segera melakukan penyesuaian. Pasalnya, sebagian pembayaran Perusahaan Listrik Negara (PLN) dilakukan dengan menggunakan Dolar.

“Untuk yang bersifat jangka panjang atau lama tidak mungkin. Jadi, kami berharap gejolak nilai tukar Rupiah hanya sementara,” ujarnya.

Sofyan menuturkan, melemahnya nilai tukar rupiah akan meningkatkan pengeluaran perseroan. Diperkirakan, hal tersebut akan mengurangi keuntungan perseroan. “PLN memastikan tidak akan melakukan kenaikan tarif listrik. Kami berharap kenaikan beban PLN dapat diperhitungkan oleh pemerintah dalam bentuk subsidi. (D02)

Loading...

baca juga