D-ONENEWS.COM

Salah Mengklasifikasi Tariff, Pelanggan PDAM Harus Bayar Tagihan Mahal

Surabaya,(DOC) – Klasifikasi pelanggan untuk tariff penggunaan air bersih di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada ditemukan kesalahan lagi.

Rumah ukuran 6×12 meterpersegi, dengan lebar jalan kurang dari 3 meter dikategorikan sebagai tempat usaha dengan kode tariff 3C. Dengan begitu, pelanggan harus membayar tariff mahal perbulannya kepada perusahaan milik Pemkot Surabaya tersebut.

Kondisi seperti di alami oleh Muhyidin (64), salah satu pelanggan PDAM Surya Sembada yang berlamat di Jalan Dukuh Pakis gang VI A no. 36 C Surabaya.

“Kalau diamati sebenarnya rumah saya masuk kategori kode tarif 3A. Tapi ini sekarang jadi 3C, jadi bayarnya semakin mahal,” ujar pria yang bekerja sebagai sekuriti di toko bunga ini, Sabtu(7/12/2019).

Untuk klasifikasi pelanggan kode tariff 3C, disamakan dengan gedung sekolahan swasta, pasar tradisional, usaha kos besar lebih dari 5 kamar, perguruan tinggi akreditasi A, rumah toko (Ruko) dengan lebar jalan 9 meter, atau rumah di jalan protokol/utama, daya listrik terpasang 4.400 V, Harga rumah lebih Rp.500 Juta, atau luas bangunan lebih 300 Meter.

Selain harga yang tinggi, Muhyidin mengaku juga kerap dibingungkan oleh informasi tagihan online, khususnya kode-kode yang ada di selembar tagihan tersebut.

“Di selembaran tagihan, ada kode 3C 2, saya jadi tidak paham dengan 3C 2, karena di daftar tidak ada kode 3C 2. Enggak ada sosialisasi juga dari PDAM, ini pun saya cari info menyuruh anak saya melalui Internet,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Utama (Dirut) PDAM Surya Sembada Mujiaman meminta pelanggan tersebut melaporkan kesalahan klasifikasi tariff ke dirinya.

“Nanti bisa dikirim kesaya tagihannya, nanti kami cek lagi,” jawab Mujiaman singkat.(robby/r7)

Loading...

baca juga