D-ONENEWS.COM

Sebanyak 46 Tenaga Medis di Jatim Terpapar Corona, 19 Orang Sembuh

Surabaya,(DOC) – Dalam satu bulan terakhir ini, sebanyak 46 tenaga medis diwilayah Provinsi Jawa Timur positif terinfeksi Covid-19.

Data tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyudi, di gedung negara Grahadi, Kamis(16/4/2020) malam.

Menurut Joni, tenaga medis itu tak bersentuhan langsung dengan pasien positif corona.

Ia mencontohkan tenaga medis yang menangani pasien dengan keluhan umum di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Mereka tak tahu ternyata pasien itu terinfeksi virus corona.

“Dia tak tahu apakah pasien tersebut Covid-19 atau bukan, tapi ternyata Covid-19, apalagi pasien tersebut statusnya orang tanpa gejala (OTG),” ungkapnya.

Direktur Utama RSU dr Soetomo ini, berharap kejadian serupa tak terulang lagi. Sehingga seluruh dokter yang bertugas di IGD RSU dr Soetomo telah diwajibkan mengenakan alat pelindung diri (APD).

“Apapun penyakitnya, semua dokter yang menangani harus pakai ADP,” katanya.

Sementara itu, Tim Tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur mencatat, dari total 46 tenaga medis yang terinfeksi Covid-19 tersebut, 19 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh. Para tim medis yang sembuh itu, sebelumnya telah menjalani perawatan dan dua kali melakukan rapidtest swap.

“Dari 46 yang terjangkit, 19 sembuh, seorang di antaranya meninggal dunia dan 26 orang sampai saat ini masih dalam perawatan,” kata Ketua Tim Rumpun Tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Kohar Hari Santoso.

Rinciannya, sebanyak dua tenaga medis di laboratorium, satu apoteker, 16 dokter, dan 27 perawat.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengungkap, bahwa kasus positif di Jatim hingga Kamis(16/4/2020) malam, telah terjadi penambahan 15 kasus.

Total kasus positif Covid-19 di Jawa timur mencapai 513 orang.

“Total ada 514 kasus positif Covid-19 di Jawa Timur, yang dirawat intensif di rumah sakit sebanyak 376 pasien,” jelas Khofifah.

Seperti pada pemberitaan sebelumnya, selain kasus positif bertambah, pasien yang terkonversi sembuh juga terjadi penambahan sebanyak 6 orang dengan rincian, dua pasien dari Lamongan, satu dari Ponorogo, dan tiga dari Surabaya.

Total pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 92 orang.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat 1.717 pasien dan 984 pasien diantaranya masih berstatus dalam pengawasan. Sedangkan, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 15.674 orang, dengan jumlah yang masih dipantau 7.496 orang.(div)

Loading...

baca juga