D-ONENEWS.COM

Segera Difungsikan, Berapa Tarif Tol Malang Pandaan ?

 

Pasuruan (DOC) – Ruas jalan tol Pandaan ke Malang sepanjang 30,63 kilometer rencananya akan difungsionalkan dalam rangka menyambut liburan panjang akhir tahun 2018. Kira-kira, berapa tarifnya?

Direktur Teknik (Dirtek) PT Jasa Marga Pandaan–Malang Siswantono menyatakan, pihaknya belum memastikan berapa tarif tol Mapan. Tapi, diperkirakan maksimal Rp 1.000 setiap satu kilometer. ”Di bawah seribu rupiah per kilometernya,” ujar Siswantono.

Sesuai data PT Jasa Marga Pandaan–Malang, panjang tol Mapan sekitar 38 kilometer. Jika mengacu perkiraan tarif Rp 1.000 per kilometer, berarti pengendara dari Pandaan yang keluar exit tol Cemorokandang (Kota Malang) perlu membayar sekitar Rp 38.000.

Tapi jika pengendara masuk exit tol Pandaan dan keluar di Purwodadi, diperkirakan hanya membayar Rp 15.000. Penghitungan itu diambil dari jarak Pandaan–Purwodadi sepanjang 15 kilometer. Sementara jika pengendara masuk dari exit tol Pandaan dan keluar Karanglo (Singosari), diperkirakan membayar Rp 30.000.

Menurut Siswantono, penghitungan tarif mengacu berbagai pertimbangan. Misalnya, biaya operasional tol Mapan, pemasangan fasilitas berupa penerangan jalan umum (PJU) dan biaya pemeliharaan jalan. ”Penetapan tarif berdasarkan konsesi, biaya operasional, dan total investasi,” tutur Siswantono.

Rencana difungsionalkannya jalan tol tersebut sangat diperlukan, terlebih saat ini progres ruas seksi 1 sampai 3 itu sudah rampung dan hanya menunggu proses peresmian agar bisa dioperasionalkan.

Jalan tol yang menjadi bagian dari proyek jalan t‎ol Trans Jawa tersebut pengerjaannya dibagi menjadi lima seksi wilayah, yakni seksi 1 adalah Pandaan-P‎urwodadi sepanjang 15,47 kilometer, lalu seksi 2 menghubungkan Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer, dan seksi 3 dari Lawang menuju ‎Singosari sepanjang 7,10 kilometer.

Berikutnya adalah seksi 4 dari Singosari ke Pakis sepanjang 4,75 kilometer dan terakhir adalah seksi 5 yang menghubungkan Pakis-Malang ‎sepanjang 3,11 kilometer.

“Sementara, ruas tol yang bisa digunakan seksi 1 sampai 3. Kalau berjalan sesuai rencana maka difungsionalkannya mulai 22 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019,” ucapnya.

Selain itu, masih akan diberlakukan batas waktu kendaraan melintas di ruas tol tersebut, yakni diperbolehkan masuk tol mulai pukul 06.00 WIB dan akan ditutup pada pukul 17.00 WIB.

“Karena masih fungsional maka pengendara harus lebih berhati-hati meski petugas akan selalu siaga di sana. Pengendara yang masuk tol juga tidak membayar atau masih gratis,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa ruas tol seksi 1 sampai 3 akan resmi dioperasikan mulai Januari 2019 yang diharapkan memperlancar transportasi masyarakat umum maupun industri, sedangkan seksi 4 siap dioperasionalkan Februari 2019, kemudian seksi 5 pada Juni 2019.

Ruas tol ini memiliki lima pintu keluar, masing-masing di Pandaan sekitar Purwodadi, kemudian di Lawang, di Singosari sekitar Karanglo, di Pakis di arah menuju Bandara Abdurahman Saleh, dan di Malang sekitar Sawojajar. (bs/gus)

Loading...

baca juga