D-ONENEWS.COM

Sektor UMKM Didorong Cepat Bangkit dari Hantaman Pandemi

Lumajang,(DOC) – Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjadi narusumber pada zoom meeting Government Rountable Series Covid-19 yang mengambil tema “Pemulihan Ekonomi di Jawa Timur”, Senin (02/11/2020).

Bupati menjelaskan, sektor UMKM menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Lumajang yang didorong cepat bangkit dari hantaman pandemi Covid-19.

“Kita fokus menggerakkan perekonomian sektor bawah terutama sektor UMKM bisa kembali tumbuh dan bergerak,” ujarnya.

Cak Thoriq Menjelaskan bahwa sektor UMKM menjadi sektor yang didorong kembali bangkit karena sektor ini merasakan dampak yang cukup mendalam akibat hantaman pandemi Covid-19.

“Untuk menangani masalah tersebut adalah ekspansi produk menuju market atau pasar,” ujarnya.

Bupati mencontohkan beberapa produk hasil kekayaaan alam Lumajang yang masih belum dioptimalkan pemasarannya seperti Klengkeng Kateki, Kelapa Muda dan Coffee Wine. Padahal menurutnya banyak potensi Kabupaten Lumajang yang marketable.

Thoriqul Haq menilai hal ini harus ada intervensi untuk meningkatkan value atau nilai dari produk serta mempertemukannya dengan pasar yang lebih luas.

“Ini klengkeng yang jika diperbandingkan dengan klengkeng impor jauh kualitasnya masih bagus klengkeng kateki, tetapi masih belum menjangkau pasar yang luas, kalau ini menjadi semacam produk yang bisa saling menguatkan saya yakin ini marketable,” terangnya.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan berbagai upaya dilakukan agar sektor UMKM kembali tumbuh seperti halnya akan didirikannya Mall Pelayanan Publik yang tergabung dengan Mall UMKM.

Selain itu, salah satu solusi untuk mengoptimalkan pemasaran produk lumajang adalah dengan mendekatkan produk dengan pasar melalui pasar online.

“Ini saya kira yang hari ini pasar lebih didekatkan, salah satunya melalui pasar online atau marketplace, salah satunya aplikasi Bantu Ibu yang membantu para pedagang atau wlijo melalui sebuah sistem, kita bekerjasama dengan ojek online lokal, tidak hanya sekedar memasarkan produk yang sekedarnya tetapi memasarkan produknya lebih luas,” pungkas Bupati.

Loading...

baca juga