D-ONENEWS.COM

SEMINAR DEMOKRASI DI UNIVERSITAS NURUL JADID PROBOLINGGO, GOGOT AJAK MAHASISWA JADI PEMILIH CERDAS

Probolinggo, kpujatim.go.id – Enam kunci kekuatan yang harus dipegang teguh oleh kalangan elemen mahasiswa, guna meningkatkan kualitas dan kuantitas gerakan mengawal demokrasi lebih baik.

Demikian disampaikan oleh Divisi Sosialiasisi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), Gogot Cahyo Baskoro, dalam Seminar Demokrasi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Kamis (19/12), di Auditorium setempat.

Gogot menyebutkan, ke enam kunci kekuatan itu adalah idealisme, sikap kritis, keberanian, kecerdasan, kepekaan sosial dan pengorbanan. Menurutnya, ke enam kekuatan itu saling berkaitan dan mengisi sehingga kalau memang sudah menjadi bagian dari gerakan mahasiswa, akan menjadi dahsyat.

“Kalau tidak ada kekuatan tersebut, gerakan mahasiswa akan menjadi pragmatis sehingga bisa berpengaruh pada hasil pendidikan,” ujarnya.

Gogot menambahkan, sesuai dengan tema yang diusung “Pemurnian Gerakan Mahasiswa yang Berbasis Politik, Nilai dan Integritas” sebenarnya sudah tepat dengan kondisi kekianian. Setidaknya dalam menyambut dan menyukseskan Pemilu, 17 Apri 2019 mendatang, peran mahasiswa juga harus ikut serta menyukseskan.

Caranya, dengan menjadi pemilih yang berintegritas yakni memilih sesuai dengan rekam jejak dan visi misi dari peserta Pemilu. Baik itu calon legislatif, calon presiden dan wakil presiden, serta DPD.

“Jangan sampai menjadi pemilih yang memilih dengan berdasarkan imbalan sesuatu, seperti money politik. Mahasiswa harus menjadi pemilih cerdas dan berintegritas,” pungkasnya.

(ANY/BAY)

Loading...

baca juga