D-ONENEWS.COM

Sentra Pelayanan Publik di Pakal Resmi Beroperasi, Wali Kota: Kini Lebih Dekat dan Cepat!

Sentra Pelayanan Publik di Pakal Resmi Beroperasi, Wali Kota: Kini Lebih Dekat dan Cepat!Surabaya, (DOC) – Sentra Pelayanan Publik di Pakal, tepatnya di Taman Cahaya Pakal, Surabaya, resmi beroperasi pada Sabtu(18/5/2024).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Sentra Pelayanan Publik di Pakal bersama Ketua TP PKK, Rini Indriyani Eri Cahyadi.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, dan jajaran Forkopimda.

Di kesempatan itu, Wali Kota memberikan secara langsung Nomor Induk Berusaha (NIB) yang di urus oleh warga di Sentra Pelayanan Publik. Bahkan, saat itu Wali Kota Eri bersama tamu undangan meninjau langsung Sentra Pelayanan Publik yang nampak aman dan nyaman.

Cak Eri, sapaan Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan. Bahwa pihaknya bersama Wakil Wali Kota Surabaya Armuji berkomitmen untuk terus mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Selain itu, dia juga berkomitmen untuk terus mempercepat pelayanan.

“Jadi, kalau ada orang yang kesulitan untuk mengurus sesuatu di Balai RW bisa langsung ke sini. Atau kalau sedang jalan-jalan ingin mengurus sesuatu, bisa langsung mampir ke sini. Jadi pada intinya, melalui Sentra Pelayanan Publik ini maka pelayanan lebih dekat dengan warga dan pelayanan lebih cepat,” kata Cak Eri.

Sebenarnya, pelayanan publik itu sudah tersentral di Mal Pelayanan Publik Siola. Namun, kadang masih banyak warga yang mengeluh jauh untuk ke Siola, sehingga dia membuat kebijakan untuk membangun Sentra Pelayanan Publik di masing-masing wilayah.

Khusus di Surabaya pusat bisa langsung ke Mal Pelayanan Publik Siola. Kemudian di Surabaya Timur bisa ke Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) di Jalan Raya Menur. Lalu Surabaya Selatan di Sentra Pelayanan Publik yang ada di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ). Untuk wilayah Surabaya Barat bisa ke Sentra Pelayanan Publik Pakal di Taman Cahaya Pakal yang baru saja beroperasi dan terakhir di Surabaya Utara tersedia di Nambangan.

“Kita bangun semuanya di masing-masing wilayah supaya warga tidak perlu jauh-jauh ke Siola,” tegasnya.

Sentra Pelayanan Publik Pakal Melayani Pelayanan Dasar

Wali Kota Eri juga menegaskan bahwa bentuk pelayanan yang ada di Sentra Pelayanan Publik Pakal itu merupakan pelayanan dasar. Oleh karena itu, ia berharap warga Kota Surabaya bisa memanfaatkan Sentra Pelayanan Publik yang baru di resmikan ini.

“Warga Surabaya kalau tidak bisa mengurus di Balai RW, bisa langsung datang ke sini, mengurus apapun itu. Tapi, sebenarnya saya ingin pelayanan itu berhenti dan selesai di Balai RW,” katanya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Surabaya M Afghani Wardhana menyampaikan, kehadiran sentra pelayanan Publik Joyoboyo ini sesuai harapan Wali Kota Eri untuk meningkatkan pelayanan perizinan kepada masyarakat. “Yang paling substansial adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Afghani.

Ia juga menjelaskan bahwa peresmian ini merupakan tindaklanjut dari peresmian Sentra Pelayanan Publik di TIJ. Menurutnya, di Sentra Pelayanan Publik Pakal ini ada loket DPMPTSP, ada layanan lansia dan difabel, layanan SSW, layanan OSS, dan layanan pengaduan.

“Selain itu, ada pula loket Dispendukcapil, loket Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP), dan yang terakhir loket Bank Jatim. Jadi, loket yang ada di sini itu terkait dengan perizinan dasar, namun kalau ada layanan tambahan akan kita koordinasikan lebih lanjut,” katanya.

Afghani memastikan bahwa dengan adanya Sentra Pelayanan Publik Pakal ini, maka tentu akan memudahkan, mempercepat dan mempermurah pelayanan bagi warga. Sebab, warga tidak perlu jauh-jauh ke Siola untuk mengurus pelayanannya, sehingga bisa lebih mudah dan lebih cepat.

“Tentu dengan tidak mengesampingkan proses pelayanan yang sudah ada di Balai RW, kelurahan, dan juga kecamatan,” pungkasnya. (r6)

Loading...

baca juga