D-ONENEWS.COM

Sri Mulyani Masuk 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

New York (DOC) – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes. Hal ini sekaligus membuat Sri Mulyani sejajar dengan tokoh penting dunia seperti Nancy Pelosi, Melinda Gates, Oprah Winfrey, Ratu Elizabeth II dan Ivanka Trump.

Melansir Forbes, Selasa (17/12/2019), Sri Mulyani yang berada di peringkat 76 dinilai memiliki peran yang sangat krusial dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama yang berkenaan dengan isu kesetaraan gender. Wanita yang akrab dipanggil Ani ini juga dinilai sangat konsern dengan gender usai ia menerbitkan laporan tentang bagaimana kesenjangan dalam partisipasi angkatan kerja perempuan menyebabkan hilangnya pendapatan sampai dengan seperempat dari PDB di Timur Tengah.

Sri Mulyani sempat menjadi menteri keuangan pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian dia juga menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia pada tahun 2010. Saat berada di Bank Dunia, Sri Mulyani menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender. Tahun 2014, pada kabinet Presiden Jokowi-Jusuf Kalla, Sri Mulyani kembali ke Indonesia dan melepaskan jabatannya di World Bank untuk menduduki posisi Menteri Keuangan. Tahun 2019 ini, Sri Mulyani kembali meneruskan jabatannya sampai lima tahun ke depan sebagi menteri keuangan pada kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Sebagai menteri keuangan, Sri Mulyani meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi pajak yang akan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Tahun lalu, Sri Mulyani menerima penghargaan Menteri Terbaik bergengsi di KTT Pemerintah Dunia atas upayanya untuk mengimplementasikan reformasi.

Sepanjang tahun 2019, seluruh wanita di dunia mengambil banyak keputusan penting sekaligus menjabat posisi kepemimpinan dalam pemerintahan. Selain itu juga banyak wanita yang sukses dalam bisnis, mendirikan filantropi dan meraih simpati sebagai tokoh media.

Sementara di posisi pertama dalam daftar the World’s 100 Most Powerful Women 2019 ada Angela Merkel. Merkel merupakan Kanselir perempuan Jerman yang pertama dan bertahan hingga empat kali. Kemudian di posisi kedua adalah Christine Lagarde, Gubernur Bank Sentral Eropa dan mantan Direktur pelaksana IMF.

Adapun posisi ketiga adalah Ketua Dewan Perwakilan AS Nancy Pelosi. Dia berada di urutan ke-3. Pelosi sekaligus menjadi wanita pertama yang memegang jabatan sebagai pembicara dalam sejarah Amerika.

Sedangkan musisi Taylor Swift di posisi 71. Swift berjuang melawan industri pendukung dan perusahaan ekuitas swasta atas hak kepemilikan lagu musisi.

Melinda Gates menempati posisi ke-6, sementara Oprah Winfrey menempati posisi ke-20. Ratu Elizabeth II berada di posisi ke-40, dilanjutkan Ivanka Trump yang berada pada urutan ke-42.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga