D-ONENEWS.COM

Stadion GBT Standar FIFA, Wali Kota Eri: Siap Dipakai Venue Piala Dunia U-17

Surabaya,(DOC) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) siap di gunakan sebagai venue pertandingan Piala Dunia U-17 Tahun 2023. Kesiapan ini di dasari karena seluruh fasilitas Stadion GBT sudah sesuai standar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Wali Kota Eri Cahyadi mengaku sebelumnya di hubungi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir. Terkait kesiapan GBT jika di gunakan venue Piala Dunia U-17.

“Pada waktu pertama kali ada pengumuman Indonesia di tunjuk sebagai U-17. Ketua PSSI Pak Erick Thohir kontak saya dan saya menyampaikan. Surabaya siap dan mengajukan diri untuk menjadi venue,” kata Wali Kota Eri Cahyadi, Selasa (27/8/2023).

Selain orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga menghubungi Wali Kota Solo terkait venue Piala Dunia U-17. Keduanya pun bersedia dan menyatakan siap menjadi venue Piala Dunia U-17.

“Yang di hubungi Pak Erick itu saya dan Wali Kota Solo. Kami berdua pada waktu itu, sama-sama menyampaikan kesediaan kita untuk di gunakan sebagai venue U-17,” ujarnya.

Sebab menurutnya, menjadi sebuah kebanggaan bagi Negara Indonesia karena di tunjuk sebagai tuan rumah pertandingan Piala Dunia U-17. Apalagi, di Surabaya ini terkenal sebagai kota olahraga. “Jadi insyaallah. Ketika kita di tunjuk, di minta untuk membuat surat pernyataan. Kita pun akan siap untuk itu,” tegasnya.

Terlebih, Wali Kota Eri juga memastikan bahwa seluruh fasilitas di Stadion GBT sudah sesuai standar internasional. Termasuk kesiapan transportasi yang sebelumnya sempat di uji coba dalam gelaran FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Palestina pada Rabu 14 Juni 2023.

“Dan itu sudah menjadi alur internasional yang sudah di sepakati. Nanti insyaallah dalam pelaksanaan akan seperti itu,” ujarnya.

Wali Kota Eri menyatakan, gelaran Piala Dunia U-17 di Surabaya ini juga akan di kembangkannya dalam bentuk wisata. Juga, berkaitan dengan merchandise atau souvenir Piala Dunia U-17 yang akan di kerjakan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Surabaya.

“Jadi kita jadikanlah ini pengembangan wisata, juga pengembangan ekonomi. Karena ini akan bisa mengungkit, membangkitkan ekonomi di Surabaya,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga