D-ONENEWS.COM

Suplai Turun Harga Cabai Rawit Tembus Rp 55 Ribu Perkilo

Surabaya,(DOC) – Musim kemarau panjang memicu kenaikkan harga cabe rawit hingga tembus Rp 60 ribu perkilogramnya. Harga normal satu kilogram cabe rawit sekitar Rp 15 ribu.

Hal ini seperti yang terpantau di pasar tradisional Pabean Surabaya. Menurut salah satu pedagang, pasokan petani mengalami penurunan hingga harga cabai rawit naik.

“Harga cabe rawit yang bagus Rp 55 ribu perkilo. Kalau yang biasa Rp 45 ribu dan harga normalnya antara Rp 10-15 ribu perkilo. Karena faktor cuaca gak stabil musim kering sempat hujan juga banyak rusak, banyak terserang hama, padahal untuk menanam cabe susah. Ini sudah di rasakan sejak 2 minggu lalu,” ungkap Ahmad salah satu pedagang cabe di pasar Pabean Surabaya, Senin(15/7/2019).

Setiap hari, kata Ahmad, pedagang mendapat suplai cabai rawit sekitar 800 kilogram. Jumlah tersebut jauh dari suplai normal yang mencapai 1-2 ton.

Kondisi ini membuat harga jual cabai bisa berubah tiap jam. Sehingga, lanjut dia, banyak pembeli yang menyiasatinya dengan mencampur cabai rawit dengan cabai kering sebagai bumbu masakan. Jika kebutuhan cabai rawit untuk masakan sebanyak 30 kilogram, maka pembeli menguranginya separuh menjadi 15 kilo, karena sisanya dicampur dengan cabai kering.

“Harga bisa berubah per-jam tergantung stocknya. Semalam harga dikisaran Rp 52 ribu perkilo, terus stok berkurang sehingga harga naik Rp 53 ribu. Pembeli yang mempunyai restoran sekarang belinya separuh dan sisanya dicampur cabe kering. Ya mikir kalau jualan nasi, gak mungkin mereka jual masakan naik, biasanya di campur cabai kering,” jelasnya.

Terpisah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan, gerakan masyarakat menanam cabai dan operasi pasar yang di lakukan oleh Disperindag kota Surabaya akan menjadikan stok cabai di Surabaya aman.

“Ya saya kira insyaallah Surabaya enggak. Kita punya produk di masyarakat gerakan menanam cabai bersama, operasi pasar selama ini cabai kita di bawa keluar jadi saat ini kita keep di Surabaya,” katanya.(div/r7)

Loading...