D-ONENEWS.COM

Timnas U23 Indonesia Patahkan Rekor Korsel Selalu Lolos Piala Dunia

Jakarta (DOC) – Timnas U23 Indonesia secara dramatis berhasil menjegal Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U23 2024. Garuda Muda menang 11-10 lewat adu penalti setelah kedua tim bermain 2-2 sepanjang 120 menit.

Pertandingan Korea Selatan vs Indonesia bergulir di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Kamis (25/4) atau Jumat dini hari WIB. Adu penalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 2-2 selama waktu normal dan masa tambahan waktu yang berdurasi 30 menit.

Indonesia berhasil unggul 2-1 terlebih dahulu di paruh pertama melalui dwigol Rafael Struick (15′, 45+3′). Sementara, balasan bagi Korsel tercipta melalui gol bunuh diri Komang Teguh (45′ OG) dan Jeong Sang-bin (84′).

Pratama Arhan mencetak gol penentu kemenangan di babak adu ketangkasan dari titik putih setelah penendang ke-10 Korsel, Lee Kang-hee gagal mencetak gol.

Hasil ini merupakan tamparan besar bagi timnas U23 Korea Selatan yang begitu dominan di kategori umur ini. Kekalahan ini membuat Korsel gagal melaju ke Olimpiade Paris 2024.

Indonesia berhasil mematahkan catatan Negeri Ginseng yang selalu lolos ke ajang empat tahunan itu sejak Seoul 1988. Rekor Korea Selatan lolos ke Olimpiade secara beruntun berhenti di angka sembilan. (kc/zis)

Loading...