D-ONENEWS.COM

Transmart Surabaya Bikin Macet Jalan Kali Rungkut

Surabaya,(DOC) – Destinasi Wisata dan Mall Transmart dijalan Kali Rungkut Surabaya Timur telah dilaunching pada Jumat(24/2/2017) lalu. Wali kota Surabaya Tri Rismaharini yang meresmikan operasional Transmart Surabaya.
Beberapa hari Transmart beroperasi, kemacetan di sekitar kawasan Kali Rungkut Surabaya tak dapat terhindari. Kemacetan ini disebabkan oleh besarnya animo masyarakat yang ingin berwisata sekaligus berbelanja disana. Mobil pribadi yang antri untuk parkir merupakan penyebab kemacetan lalu lintas.
Dampak kemacetan ini diperparah lagi dengan keberadaan pabrik – pabrik yang berdiri disepanjang jalan Kali Rungkut, seperti Sampoerna, Pabrik Kedaung dan pabrik biskuit Kong Ghuan.
Anggota Komisi B DPRD kota Surabaya, Erwin Cahyo Adi mengatakan, jalan Kali Rungkut setiap hari sudah macet, sekarang tambah parah lagi, setelah Transmart dibuka.
“Biasanya kalau saya pulang kantor hanya ditempuh 30 menit, sekarang bisa sampai rumah 1,5 jam. Rumah saya didaerah Rungkut, jadi pulang kerumah telat 1 jam,”papar Erwin, digedung DPRD Surabaya, Senin (27/2/2017).
Erwin juga menambahkan, harusnya Dinas Perhubungan kota Surabaya mengkaji ulang soal kajian amdal lalinnya. “Dishub perlu membuat rekayasa jalan sebagai jalan alternatif,guna mengurai kemacetan yang ditimbulkan operasional Transmart,”tuturnya.
Dengan kondisi ini, dirinya meminta dinas Perhubungan (Dishub) kota Surabaya untuk mengkaji ulang rekayasa lalu lintas yang tertuang di dalam analisis dampak lingkungan (Amdal) Lalu Lintas. Apalagi disore hari, waktu jam pulang kerja, banyak karyawan pabrik terutama PT Sampoerna yang pulang bersamaan. “Harusnya Dishub kota Surabaya melakukan antisipasi kemacetan yang ditimbulkan. Paling tidak jauh hari sebelum dibukanya Mall Transmart, Dishub perlu melakukan manajemen urai kemacetan. Sehingga dengan membludagnya pengunjung Transmart tidak menimbulkan kemacetan seperti sekarang,” beber Erwin.
Sementara itu,Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat, saat di hubungi terpisah menyatakan, kajian Amdal lalin akan dimulai hari ini, agar kemacetan tak semakin parah.
“Hari ini kita rapat secara intensif untuk mengkaji lagi kemacetan yang ditimbulkan oleh Transmart,” kata Irvan melalui selulernya.(rob7).

Loading...