D-ONENEWS.COM

Tujuh ODGJ Dinyatakan Positif Covid-19 di RSJ Menur

Foto: Direktur Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, M Hafidin Ilham

Surabaya,(DOC) – Terdapat tujuh Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Disampaikan oleh Direktur Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, M Hafidin Ilham, ketujuh pasien tersebut kini dirawat secara intensif di RSJ Menur.

“Tujuh pasien gangguan jiwa yang positif (Covid-19) saat ini masih dirawat sampai benar-benar dinyatakan negatif,” katanya, Rabu(3/6/2020).

Beberapa waktu lalu, jumlah ODGJ yang positif Covid-19 hanya satu orang. Menurut Ilham, jumlah itu meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Ia menjelaskan, sebelumnya terdapat 12 ODGJ penyandang status pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSJ Menur. Tim medis mengambil sampel cairan tenggorokan kepada para PDP tersebut dan hasil uji laboratorium terdapat tujuh pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

“12 pasien ODGJ berstatus PDP ini juga menjalani tes swab PCR. Tesnya dilakukan sebanyak dua kali, yang lima pasien negatif, sehingga dipulangkan,” katanya.

Ilham menambahkan, RSJ Menur Surabaya adalah salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Timur. Sebagian gedung di rumah sakit telah dialihkan untuk menampung pasien umum dan ODGJ yang dinyatakan positif Covid-19.

Disediakan 112 bed untuk menampung pasien umum dan ODGJ yang diduga terinfeksi Covid-19.

“Saat ini RS Jiwa Menur menyediakan tempat tidur untuk pasien Covid-19 sebanyak 112. Di antaranya 17 tempat tidur kami siapkan untuk pasien jiwa yang dicurigai Covid-19,” pungkasnya.(div)

Loading...