D-ONENEWS.COM

Wakil Bupati Lumajang: Satu Kamera Thermal Untuk Semeru Sangat Kurang

Lumajang, (DOC) – Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, Satu kamera thermal untuk memantau aktivitas Gunung Semeru sangat kurang.

“Terus terang tadi saya menyampaikan kepada pak Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) agar alat-alat yang ada disini diupgrade. Saya merasa tidak maksimal di pos pantau,” ujar Bunda Indah bersama Menteri ESDM usai mengunjungi Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur, Jumat (17/12/2021).

Wabup minta kamera thermal ditambah dan alat-alat lain untuk memantau aktivitas Gunung Semeru ditambah. “Kamera termal itu satu baru dipasang kemarin, saya minta bisa ditambah, begitu juga alat-alat lain,” ujarnya.

Selain itu, Indah Amperawati menyampaikan agar dipasang CCTV di beberapa tempat yang rawan dan terutama yang terutama bisa memantau masyarakat. “Saya juga meminta ada sirene atau alarm, sehingga masyarakat itu waspada jika terjadi erupsi Gunung Semeru,” terangnya.

Lanjut Wabup, dengan adanya kejadian bencana nantinya masyarakat akan diberitahu melalui grup Whatsapp menurutnya itu tidak maksimal. “Kalau dengan sirine atau alarm mereka akan takut, kemudian baru diberi tahu bahwa alarm ini tujuannya adalah ini dan hendanya tidak ada aktivitas ke depan,” tuturnya.

Lebih lanjut Bunda Indah mengatakan Gunung Merapi saja dipasangi alat seismograf sebanyak 40 buah. Sedangkan di pos pantau Gunung Semeru hanya ada 4 buah seismograf. Padahal karakter Merapi dengan Semeru sama. “Saya hanya membandingkan dengan gunung api yang ada, di sini alatnya cuma ada 4 buah. Itu tidak maksimal, Saya minta ditambah alat-alat yang lain,” ucap Indah. (Imam)

Loading...

baca juga