D-ONENEWS.COM

Wapres JK Jadi Saksi Putri Sulung Gubernur Khofifah

Surabaya,(DOC) – Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK) menjadi saksi pernikahan Patimasang (Ima) putri pertama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, yang resmi dipersunting Fadil Wirawan.

Akad nikah nampak berlangsung sakral apalagi saat Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Nazaruddin Umar, melantunkan ayat suci Al Quran.

Putra kedua Khofifah, Jalaluddin Mannagalli menjadi wali nikah yang bertugas menyerahkan acara akad kepada penghulu.

Prosesi ijab kabul menggunakan bahasa Arab, terdengar Fadil lantang mengucapkan ijab dalam satu tarikan kalimat. Tak lama kemudian terdengar para saksi mengucapkan kata sah yang diikuti dengan pembacaan doa dari ulama-ulama besar.

Fadil memperistri Ima dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan perhiasan emas 24 gram. Setelah sah, Patimasang akhirnya menemui suaminya Fadil yang berada di bawah ruangan. Pengantin baru ini nampak bahagia, meskipun masih terlihat sedikit malu-malu.

“Alhamdulillah suasananya sangat sakral, dan ini momentum yang sangat baik sekali. Tadi melestarikan budaya Jawa namun tidak menghilangkan budaya Islam,” ungkap Juru Bicara Pernikahan Zahrul Azhar As’ad atau Gus Hans, usai acara akad nikah di kediaman Khofifah, Jalan Jemur Wonosari Surabaya, Jumat(28/6/2019).

Gus Hans menambahkan, saat acara Wapres JK sempat berpesan kepada kedua mempelai agar keduanya bisa menjadi pasangan yang istiqamah.

“Tadi pesan Wapres agar mempelai berdua selalu istiqamah. Bersabar dan saling mencintai,” katanya.

Ia mengharapkan doa masyarakat Jatim agar kedua mempelai menjadi jodoh yang sakinah, mawaddah dan maslahah dunia akhirat.

“Kita doakan kedua mempelai sakinah, mawaddah dan maslahah. Artinya bermaslahah untuk semuanya,” tandasnya.

Prosesi temu manten yang berlangsung di kediaman Gubernur Jatim menggunakan adat Jawa.

Selain, Wapres JK, sejumlah pejabat negara juga hadir di acara pernikahan temu manten anak sulung Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Deretan pejabat itu diantaranya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman.

Sedangkan para ulama besar yang hadir yakni KH Maimun Zubair, KH Miftachul Akhyar dan KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Para ulana ini menjadi saksi dari pihak mempelai pria.

Pada kesempatan itu, hadir juga istri almarhum Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid(Gus Dur) – Hj Shinta Nuriyah beserta anaknya Yenny Wahid.

Dideretan tamu undangan, Nampak Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak dan istrinya Arumi Bachsin duduk paling depan.(hadi/r7)

Loading...