D-ONENEWS.COM

ADAKAN RAKOR, KPU JATIM KOORDINASIKAN PELAPORAN PILGUB 2018

Rapat Koordinasi Pelaporan Akhir Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 dan Tahapan Pemilu 2019 di Tahun 2018

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) mengadakan rapat koordinasi hari ini, Kamis (25/10), jam 10 pagi sampai dengan jam 12 siang, di aula lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya. Rapat koordinasi (rakor) ini dilaksanakan untuk mengkoordinasikan Pelaporan Akhir Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 dan Tahapan Pemilu 2019 di Tahun 2018.

Ketua Kegiatan, Suharto melaporkan bahwa rakor mengundang Sekretaris dari 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. “Latar belakang dilaksanakan rakor adalah karena tahapan Pilgub Jatim 2018 sudah selesai sejak terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur pada tanggal 27 Juni kemarin. Kedua, adanya Permendagri Nomor 44, yang mengamanatkan untuk menyampaikan laporan 3 bulan setelah tahapan berakhir. Ketiga, Kita saat ini sudah memasuki tahapan pemilu 2019,” jelas pria yang akrab disapa Totok ini (25/10/2018).

Berikutnya, Ketua KPU Jatim juga kembali mempertegas jika rakor ini untuk membahas laporan Pilgub Jatim 2018. “Sesuai amanat, Kita harus membuat laporan Pilgub Jatim 2018, dan akan dikoordinasikan di dalam rakor kali ini. Sebab ada yang sudah beres dan tidak ada persoalan, namun ada pula yang masih ada persoalan-persoalan,” katanya.

Sebagaimana disampaikan Eko, laporan yang disampaikan kepada Pemerintah Provinsi harus sesuai dengan yang diusulkan. “Saya ingatkan dalam pembuatan laporan tidak boleh duplikasi, tidak boleh markup, dan tidak boleh fiktif. Artinya anggaran-anggaran Kita ini harus clear, sudah sesuai dengan DIPA yang diajukan,” ujar Eko.

Eko melanjutkan, “Perlu diingat pula jangan sampai Kita membuat kesalahan administratif, yang menjadi kesalahan pidana. Untuk itu, sebelum laporan ini disampaikan, dicek lagi apakah laporan Kita sudah sesuai peraturan apa belum. Kalau tidak sesuai segera diclearkan. Pumpung masih ada untuk memperbaiki”.

Setelah selesai pembukaan acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Sekretaris KPU Jatim, Muhammad Eberta Kawima. Lalu koordinasi dengan KPU Kabupaten/ Kota.

(AACS)

 

Loading...

baca juga