D-ONENEWS.COM

Air Sungai Avour Banter Meluap, Merendam Jalan Akses dan Ratusan Rumah

Lumajang,(DOC) – Banjir kembali melanda Desa Rowokangkung, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Senin(7/11/2022). Banjir terjadi akibat luapan air sungai Ovour Banter.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, banjir terjadi pada Minggu malam(6/11/2022) pukul 23.30 WIB.

Luapan sungai Avour Banter mulai masuk pemukiman warga di wilayah Banter, Dusun Blimbing Desa Rowokangkung dengan ketinggian 15 cm.

Berlanjut pada hari Senin(7/11/2022) pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Debit air Avour Banter kian bertambah hingga pemukiman warga di wilayah RT-01, RT-02, RT-03 / RW-12, di perkampungan Persil Banter Dusun Blimbing terendam air dengan ketinggian sampai  60 cm, masuk ke halaman, rumah warga.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengatakan, banjir akibatkan hujan intensitas sedang dan tinggi dengan durasi cukup lama. sehingga debit air terus mengalami peningkatan.

“Kondisi terakhir saat saya turun langsung ke lokasi banjir, tinggi genangan di atas 85 cm. Tetapi bisa teratasi sehingga tidak masuk kerumah penduduk,” katanya.

Patria mengatakan, sekitar 307 kepala keluarga (KK) yang terkena dampak, akibat akses jalan tergenangi air banjir di Persil Banter, Dusun Blimbing Desa Rowokangkung.

“Sekitar 307 KK jadi satu RW, 5 RT terdampak banjir di Persil Banter, Dusun Blimbing Desa Rowokangkung,” katanya.

Penanganan yang di lakukan BPBD Lumajang, yakni dropping air bersih ke lokasi banjir.

“Kami masih koordinasikan dengan dinsos kemungkinan untuk diupayakan mendapatkan bantuan sembako, karena aktivitas dapur mereka belum terganggu masih bisa masak,” ujarnya.(imam)

Loading...

baca juga