APRROVAL DCT DPRD JATIM BERJALAN LANCAR, TIDAK ADA PERSOALAN DARI PARPOL

Surabaya, kpujatim.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur melakukan tahap persetujuan (approval) untuk Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Provinsi Jawa Timur, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Approval yang dihadiri oleh perwakilan dari partai politik, dilaksanakan di aula lantai 2 setempat, Senin (17/9).

Hasil dari approval sendiri menyebutkan, hampir seluruh partai politik (parpol) melalui Liaison Officer (LO) hadir membubuhkan tanda tangan untuk approval. Cuma, hingga sore ini masih ada satu parpol yakni PKPI yang meminta waktu, karena LO yang bersangkutan masih dalam perjalanan menuju kantor KPU Provinsi Jawa Timur.

Plt Kassubag Teknik KPU Provinsi Jawa Timur Eddy Prajitno menyatakan, dari hasil approval untuk DCT DPRD Provinsi Jawa Timur secara keseluruhan tidak ada masalah. Parpol melalui LO juga sudah membubuhkan tanda tangan, atau paraf sebagai pertanda untuk approval.

Eddy menerangkan, kalaupun ada masalah yang muncul tidak terlalu signifikan. Di mana, dalam approval DCT DPRD Jawa Timur, ada beberapa perwakilan parpol melalui LO melakukan pergantian atau penghapusan data. Untuk pergantian kebanyakan berupa foto, sebagian ada yang menginginkan diganti foto terbaru.

“Untuk penghapusan data, kebanyakan berupa gelar akademik. Ada juga yang menambah gelar akademik, tapi secara keseluruhan tidak ada masalah,” ujarnya.

Eddy menambahkan, approval sendiri dinilai penting karena menjadi pijakan sekaligus patokan dalam mengumumkan DCT DPRD Provinsi Jawa Timur, Kamis (20/9) mendatang. Dengan approval, bila dinilai ada perbaikan akan segera diperbaiki sebelum dinyatakan dan diumumkan sebagai DCT.

“Kalau sudah approval, semua final dan tidak ada lagi yang perlu dirubah. Tinggal menunggu diumumkan dalam DCT,” pungkasnya.

(BAY)