D-ONENEWS.COM

Bantuan Kemensos Mobil Kedaruratan Diserahkan Gereja di Papua

bantuan mensosJayapura,(DOC) – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Jayapura, Provinsi Papua, untuk menyerahkan bantuan Kemensos, Selasa(6/2/2024).

Kunjungannya pada kesempatan kali ini, merupakan tindak-lanjut lawatannya ke Jayapura di tahun 2023 lalu.

Mensos menepati janji untuk memberikan bantuan Kemensos. Berupa 4(empat) unit kendaraan kedaruratan roda empat double cabin kepada lembaga keagamaan di Papua. Mensos Risma menyerahkan bantuan tersebut secara langsung.

Keempat Lembaga penerima bantuan adalah Gereja Kristen Injili (GKI), Gereja Injili di Indonesia (GIDI) dan Keuskupan Jayapura serta Gereja Kemah Injili (Kingmi), di Tanah Papua. Total bantuan yang di serahkan Mensos sebesar Rp. 2,23 miliar. Bantuan tersebut memakai dana hibah.

Kendaraan kedaruratan ini berfungsi sebagai alat bantu, mengangkut dan mendistribusikan logistik dari lumbung-lumbung sosial ke pelosok yang tertimpa bencana.

Lumbung sosial telah terbangun di sejumlah titik, termasuk di lokasi gereja yang berada di daerah pegunungan dan berpotensi terjadi bencana. Dengan armada kedaruratan roda empat double cabin di harapkan mempercepat pendistribusian bantuan ke lokasi bencana.

“Kenapa kita serahkan bantuan lewat gereja?. Karena gereja sangat dekat dengan perumahan masyarakat dan buffer stocknya kami titipkan di gereja,” ujar Mensos Tri Rismaharini saat bertemu dengan pengurus keuskupan dan gereja di Papua.

Berbagai barang sudah tersedia di lumbung-lumbung sosial. Sehingga ketika suatu saat terjadi bencana, kebutuhan logistik tidak perlu di kirim dari Jayapura atau dari Jakarta. “Bantuan mobil kami serahkan ke gereja agar bantuan logistik dapat tersalur sangat cepat ke masyarakat,” imbuhnya.

Bantuan Kemensos Sesuai Kebutuhan

Mensos Risma mengatakan, bantuan yang di berikan ke masing-masing lembaga telah di sesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat di tiap-tiap daerah. Sehingga bentuk barang bantuannya berbeda-beda. Barang bantuan yang tersedia tepat sasaran dan bermanfaat di setiap lokasi. Karena sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan pangan masyarakat.

Kepala Keuskupan Jayapura, Yanuarius Theofilus Matopai You menyampaikan terimakasih atas bantuan kendaraan kedaruratan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. “Kendaraan langsung di operasinalkan untuk melayani warga,” katanya.

Sekarang masyarakat tidak perlu berjalan kaki selama 2-3 hari untuk mendapatkan bantuan logistik. Adanya kendaraan ini, waktu pendistribusian barang bisa cepat.

“ Kami sangat-sangat bersuka cita. Sangat bergembira dan berterima kasih karena bantuan ini menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. Tidak melalui prosedur yang berliku-liku, Bu Menteri Sosial langsung turun ke Papua,” ujar Yanuar.(hm/r7)

 

Loading...

baca juga