D-ONENEWS.COM

Bekuk Vietnam 3-2, Timnas Indonesia Lolos Piala AFC U-20

Surabaya,(DOC) – Tim Nasional Indonesia U-19 akhirnya kalahkan Timnas Vietnam dengan skor 3-2. Mereka memastikan lolos ke Piala AFC U-20 di Uzbekistan setelah sapu bersih kemenangan di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Dengan kemenangan Garuda Muda di Kualifikasi Piala AFC U-20, membuat pelatih Shin Tae-yong cukup bangga, terlebih lagi mereka mampu kalahkan Timnas Vietnam yang sejak pertama sudah kibarkan Psy War pada Timnas Indonesia.

“Sangat bangga kepada para pemain, sekarang sudah bisa menang lawan Vietnam. Setelah dapat kemenangan kami jadi percaya diri,” ujar Shin Tae-yong, Minggu (18/9/2022).

Sempat memimpin terlebih dahulu, para pemainnya sempat terlena, bahkan Vietnam sempat membalikan keadaan menjadi 1-2. Namun Garuda Muda kembali fokus ke pertandingan dan kembali membalikan keadaan menjadi 3-2.

“Begitu kami cetak gol 1 mungkin ada dampak, kita benar-benar fokus, kita kemasukan dua gol dan kita balikin lagi sampai 3-2. Artinya Tim Indonesia semakin kuat, walau pun kami kemasukan gol, situasi lagi kalah, kita bisa balikin,” jelasnya.

Selain itu, dimasukannya Marselino Ferdinand cukup memompa semangat Garuda Muda, terlebih lagi, gol dari tendangan jarak jauh Marselino ini menjadi titik balik semangat rekan-rekannya.

“Memang Marselino sebelum ke bergabung ke Timnas, belum pulih total, dia bermain terus di Liga, itu mengapa hanya dimainkan 45 menit saja. Kemarin sudah kasih tau Marselino, tidak dimainkan di babak pertama, coach minta tolong untuk mempersiapkan dirinya dengan baik di babak 2,” ucap Shin Tae-yong.

Sementara itu, Manajer Timnas Indonesia Sumardji mengatakan pihaknya mensyukuri kemenangan tim Garuda Muda dengan skor 3-2 atas Vietnam.

“Alhamdulillah ini merupakan perjuangan yang luar biasa dari anak-anak tanpa kenal lelah, ” kata Sumardji kepada wartawan usai pertandingan.

Sumardji juga mengapresiasi pelatih Shin Tae-yong mampu membina para pemain Garuda Muda, terlebih dalam pertandingan ini tidak ada pemain yang cedera.

“Dan satu yang saya apresiasi kepada Coach Shin hari ini tidak ada satupun yang cedera satu hal yang luar biasa. Semangatnya luar biasa dan hasilnya luar biasa, kita bisa lolos,” ujar Sumardji.

Dengan kemenangan ini, membuat Tim Garuda Muda lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Sumardji mengakui telah penuhi janjinya untuk menyiapkan bonus kepada para pemain.

“Sudah, sudah saya sampaikan ya uang lah, sudah-sudah. (Ke depan) kita siapkan TC ke luar negeri, ke eropa untuk persiapan Piala Dunia,” tandas Sumardji.(ang/r7)

Loading...

baca juga