D-ONENEWS.COM

BPBD Pergoki Sejumlah Warga Buang Rumen di Sungai, Cak Eri: Jogo Kebersihan Sungai Kita

Surabaya,(DOC) – Moment lebaran Idul Adha 1443 Hijriah pada Minggu (10/7/2022) warga Kota Surabaya merayakannya dengan berkurban dan saling berbagi sesama. Begitu pula dengan Wali Kota Eri Cahyadi (Cak Eri), juga turut berkurban di Kantor Tim Penggerak PKK Surabaya, Senin (11/7/2022).

Saat meninjau penyembelihan bersama Ketua TP PKK Surabaya, Rini Indriyani, Wali Kota Eri Cahyadi berpesan kepada seluruh warganya. Bagi warga yang menyembelih hewan kurban untuk tidak membuang atau mencuci rumen (organ lambung hewan kurban) di sungai. Tentu ketika mencuci di sungai sangat tidak higienis, selain itu juga menyebabkan bau tidak sedap yang mencemari aliran sungai.

“Saya harap tidak membuang dan mencuci rumen di sungai. Bagi yang hari ini masih ada penyembelihan, tolong jangan cuci jeroannya di sungai. Di jaga kebersihannya,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Hari raya Idul Adha ini merukan kesempatan untuk berbagi dan menjaga, terutama soal kebersihan lingkungan. Menurut Cak Eri, pada Minggu (10/7/2022) kemarin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya saat melakukan patroli, memergoki sejumlah warga yang mencuci dan membuang rumen di sungai. “Jadi kalau bisa yo di jogo kebersihan sungai kita,” ujar Cak Eri.

Ia berharap warga memanfaatkan layanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya yang menyediakan jasa pembuangan rumen hewan kurban. Warga tinggal telpon Call Center (CC) 112, lalu petugas DLH datang mengambil rumen.

“Nanti dikumpulkan jadi satu, setelah itu petugas dari DLH akan mengambilnya itu (rumen). Kemudian dibuang ke TPS. Moment lebaran kurban ini, mari kita saling menjaga perasaan satu-sama lain,” sambungnya.

Di kesempatan itu, Cak Eri bersama istrinya Rini Indiriyani menyaksikan prosesi penyembelihan hewan kurban dua ekor sapi di Kantor TP PKK Surabaya. Daging kurban di bagikan ke warga, Ibu-Ibu PKK dan pada Kader Surabaya Hebat sekitar Kecamatan Tambaksari.

“Daging kurban kita bagikan ke orang – orang yang membutuhkan sekitar sini, juga temen – temen di kecamatan,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga