D-ONENEWS.COM

BPN Gerojok 975 Ton Beras Bansos untuk Warga Lumajang

Badan Pangan NasionalLumajang,(DOC) – Badan Pangan Nasional (BPN) menginisiasi penyaluran bantuan pangan beras sebagai langkah strategis dalam menanggulangi krisis pangan di wilayah Kabupaten Lumajang.

BPN menugaskan Perum Bulog untuk melaksanakan distribusi bantuan beras di tahun 2024.

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) menerangkan, alokasi bantuan pangan untuk Lumajang sebesar 975.130 kilogram. Di salurkan ke 97.513 para penerima manfaat. Masing-masing mendapat 10 kilogram beras setiap bulan melalui penyaluran tahap I Januari-Maret dan tahap II, bulan April – Juni.

“Kita membantu kebutuhan masyarakat tercukupi. Sekaligus menekan harga bahan pokok di pasar. Harus ada intervensi dari pemerintah, salah satunya lewat operasi pasar dan Bansos,” kata Indah, di sela melepas Armada Bantuan Beras di Gudang Bulog, Besuk – Tempeh, Selasa(30/1/2024).

Selain memberikan dampak positif dalam pencegahan krisis pangan, Bansos pangan beras di harapkan juga dapat meningkatkan gizi dan menekan terjadinya stunting.
Mengendalikan inflasi serta melindungi masyarakat dari dampak fluktuasi harga.

Upaya tersebut dapat pula meningkatkan daya beli masyarakat. “Ini bagian dari strategi menurunkan angka kemiskinan, stunting dan laju inflasi di Lumajang,” tambahnya.

Berdasarkan data statistik BPS pada 2023 lalu, angka kemiskinan di Lumajang dari 9,6 persen turun menjadi 8,73 persen. Data tersebut, lebih rendah di banding Provinsi Jatim keseluruhan.

Pimpinan Perum Bulog Cabang Probolinggo, Mochammad Ramadhan mengatakan, bantuan pangan beras bertujuan untuk mengantisipasi kerawanan pangan.

“Bukan cuma untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, menjaga stabilitas harga agar tak terjadi inflasi,” tandasnya.(imam/r7)

Loading...

baca juga