D-ONENEWS.COM

Buaya Muara Panjang 1,5 Meter Tertangkap Disekitar Tambak Rungkut Wonorejo

Foto: Buaya Muara di amankan di Mako BPB Linmas

Surabaya,(DOC) – Seekor buaya muara dengan panjang 1,5 meter terjaring Kompi C BPB Linmas Kota Surabaya di salah satu tambak sekitar Rungkut Wonorejo Surabaya.

Penangkapan buaya muara itu berlangsung sekitar pukul 16.05 WIB, Jumat(11/12/2020) sore dan langsung di amankan oleh petugas BPB Linmas di markasnya, Jalan Jaksa Agung Soeprapto Surabaya.

“Kami dapat info warga melalui CC Room, adanya penangkapan buaya, kemudian dari teman-teman CC Room melaporkan ke kami, langsung kita arahkan petugas kita meluncur ke Rungkut Wonorejo,” ujar Komandan Kompi C BPB Linmas Kota Surabaya, Aer Budiono, Jumat(11/12/2020) malam.

Buaya muara itu awalnya ditemukan oleh seorang warga bernama Angga Oktabreansah (24), yang hendak berangkat ke tambak.

“Pertama kali ditemukan oleh warga. Jenis buaya muara sepanjang kurang-lebih 1,5 Meter, ditemukan pada saat warga ke Tambak dan di Tambak tersebut ada jaring yang Bergerak-gerak, ternyata di dalamnya ada buaya ini,” jelasnya.

“Mengetahui ada buaya terjebak, warga langsung memberitahu warga lainnya. Lalu mereka bersama-sama menangkapnya dan mengikat kaki dan mulut buaya itu,” tambahnya.

Ia memperkirakan bahwa buaya muara tersebut kelaparan sehingga naik ke tambak-tambak milik warga.

“Mungkin buaya ini lapar lalu naik ke tambak warga,” tandasnya.

Rencananya BPB Linmas Kota Surabaya akan menghubungi BKSDA Juanda untuk menyerahkan buaya muara tersebut.

BPB Linmas juga meminta warga, untuk segera melapor jika kembali menemukan buaya di sekitar daerahnya.

“Kalau nanti ada yang melihat buaya lagi, segera hubungi 112 Command Center. Karena jika dilihat dari ukurannya, buaya yang tertangkap ini masih anakan, mungkin masih ada induknya,” pungkasnya.(hadi)

Loading...

baca juga