D-ONENEWS.COM

Danlanud dan Bupati Lumajang Rakor Persiapan Latihan Tempur Sikatan Daya Tahun 2020

Lumajang,(DOC) – Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang Marsma TNI Wayan Superman menemui Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Aula Panti PKK, Kamis (24/9/2020).

Kedatangan Danlanud Abdul Rachman Saleh ke Lumajang untuk menggelar pemaparan rencana keterlibatan Dinas Operasi Pada latihan Tempur Sikatan Daya Tahun 2020.

Acara tersebut tampak dihadiri Bupati Lumajang, Danyon 527, Dandim 0821 Lumajang dan Wakapolres Lumajang.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, latihan sikat daya atau latihan tempur Angkatan Udara yang ada di AWR Pandanwangi nanti bahwa Pemerintah Kabupaten Lumajang support seluruh perangkat teknis yang diperlukan yang dibutuhkan oleh Angkatan udara berkenaan dengan kelanjutan atau latihan tempur yang ada di Pandanwangi.

“Pemerintah Lumajang menyuport penuh kegiatan tahunan Angkatan Udara,” ujar Cak Thoriq kepada sejumlah awak media.

Menurutnya, ini sebagai gagasan awal, pemerintah Kabupaten Lumajang akan me-sinkronkan dengan konsep military tourism. Jadi nanti masyarakat bisa melihat langsung kekuatan kelebihan dan keistimewaan Tentara Nasional Indonesia terutama TNI AU yang akan melaksanakan latihan tempur di AWR Pandanwangi.

“Nantinya masyarakat bisa lihat langsung Bagaimana F-16 manuver, Sukhoi juga manuver melakukan penembakan, pengeboman itu sebagai bagian dari TNI yang juga melakukan transparansi terhadap kegiatan program untuk masyarakat untuk ketahanan Indonesia. Saya harap kedepan konsep military tourism betul-betul menjadi kerjasama antara kami dengan teman-teman TNI” terang Thoriqul Haq.

Ia menambahkan, masyarakat Lumajang yang ingin melihat latihan TNI AU harus menerapkan protokol kesehatan, harus menggunakan masker. Dimana nanti sudah disediakan tempat cuci tangan.

“Masyarakat yang tidak memakai masker tidak boleh lihat, tidak boleh menyaksikan, silakan pulang,” tegas Bupati Lumajang.

Sementara itu, Komandan Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang Marsma TNI Wayan Superman menyampaikan, Latihan singkatan daya merupakan latihan setiap tahun.

Latihan Tempur Sikatan Daya tahun 2020 dijadwalkan akan digelar selama tiga hari, yakni pada tanggal 28 September 2020 latihan akan difokuskan di Lanud Abdul Rahman Saleh, sedangkan tanggal 29 September 2020 akan dilaksanakan di lapangan tembak AWR Pandanwangi, dan tanggal 30 September 2020 latihan akan dilaksanakan di AWR Pandanwangi tepatnya malam hari pukul 20.00 WIB.

“Taktik dan strategi nya itu menjadi ini wilayah kami tapi nggak ada lebihnya dari tiap tahun ke tahun diharapkan ada kemampuan yang lebih meningkatkan kemampuan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Danlanud menambahkan, apa yang disampaikan Bupati support itu merupakan respon dari warga Lumajang, terkait latihan yang akan dilaksanakan.

“Latihan kami dengan pariwisata itu sepertinya ide yang sangat bagus dan baru kami dengar tahun ini. Saya harap pemerintah dapat mengemas secara baik latihan anggota TNI agar rencana Bupati Lumajang untuk menjadikan military tourism akan segera terwujud,” imbuhnya.” ujar Marsma TNI Wayan Superman.(Imam)

Loading...

baca juga