Demokrat Jatim ke Jokowi?

Tidak ada komentar 163 views

 

Surabaya (DOC) –Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo mengusulkan agar partai berlambang bintang mercy tersebut mempertimbangkan Joko Widodo di Pilpres 2019. Alasannya, gubernur terpilih Khofifah Indar Parawansa yang diusung Demokrat telah mendeklarasikan dukungan ke Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo.

“Kalau saya mengusulkan ke pusat, gubernurnya yang diusung Demokrat (Khofifah) sudah mengambil keputusan mendukung Pak Jokowi. Jadikanlah pertimbangan untuk mendukung Jokowi. Itu harus dijadikan variabel pertimbangan DPP,” ujar Politisi yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut disela-sela Rakorda DPD Partai Demokrat Jatim, Sabtu (21/7).

Selain itu, menurut ketua yang juga Gubernur Jatim ini, sudah tertutup bagi partai untuk membuka poros ketiga. Dengan bergabungnya PKB ke koalisi Jokowi, maka kans tersebut semakin menipis. Kendati masih ada PAN, Gerindra dan PKS. “Dengan PAN juga tidak cukup, tidak sampai 20 persen. Saya rasa tidak alternatif ketiga. Terakhir kan Cak Imin ke Jokowi,” jelasnya.

Oleh karenanya, Pakde Karwo dalam rakorda tersebut meminta mandat kepada peserta yang hadir untuk kemudian menyampaikannya ke DPP Partai Demokrat.

Sementara ditanya mengenai kinerja Jokowi selama ini, dirinya menilai bahwa kinerja presiden sudah on the track. Terlebih pada kebijakan yang berbasis kerakyatan. Hanya saja untuk sektor ekonomi yang perlu mendapat perhatian. Anjloknya nilai tukar rupiah membuat perekonomian semakin melemah. “Naiknya harga pakan ternak membuat harga telur naik, karena dolarnya Rp 13 ribu,” ungkapnya.

Untuk itu, Pakde Karwo menyarankan agar pemerintah sedikit mengurangi pembangunan infrastruktur. Terutama yang menyerap anggaran besar. Pihaknya menyarankan pembiayaan dikosentrasikan pada rakyat miskin.

“Dari pada uangnya untuk bayar bunga yang balik modalnya lama. Lebih baik untuk rakyat kecil. Untuk pembiayaan UMKM,” tandasnya. (Br)