D-ONENEWS.COM

Diacara Peringatan Perobekan Bendera, Wali Kota Tri Risma Ajak Warga Menguasai Teknologi

Foto : Teatrikal Perobekan bendera di depan Hotel Mojopahit

Surabaya,(DOC) – Drama teatrikal bertajuk Surabaya Merah Putih, yang diselenggarakan kembali oleh Pemkot Surabaya mewarnai peringatan insiden perobekan bendera Merah-Putih-Biru lambang Negara Belanda yang terjadi pada 19 September 1945 silam di Hotel Yamato atau sekarang bernama Hotel Majapahit.

Atraksi teatrika tersebut, menceritakan tentang proses perobekan bendera yang dilakukan arek-arek Suroboyo pada kala itu. Semangat yang membara muncul dari pemeran yang dimainkan lakon per lakon. Suasana seketika tegang dan haru ketika arek-arek Suroboyo berupaya keras merobek bendera warna biru yang menjadi lambang Negara Belanda.

Dengan semangat berapi-api, mereka memanjat tiang tertinggi di Hotel Majapahit dan berusaha secepat mungkin merobek bendera tersebut. Bahkan saat adegan perobekan bendera selesai, para peserta upacara langsung menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama. Dalam adegan itu salah seorang pejuang terkena tembakan setelah berhasil mengibarkan bendera Sang Merah Putih.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melalui pidatonya mengobarkan semangat yang berapi-api. Ia mengajak generasi penerus, terutama anak-anak muda untuk tidak berhenti menghargai jasa pahlawan yang membuat bangsa dan kota ini merdeka dari penjajah. Caranya adalah dengan terus berjuang untuk menggapai cita-cita.

“Merah putih adalah telah menyatu dalam tulang arek Suroboyo. Kami arek-arek Suroboyo adalah penerusmu, kami arek-arek Suroboyo adalah pewarismu yang tidak sedikit pun luntur darah dan tidak sedikitpun goyah. Kami adalah petarung yang teguh menjaga Indonesia. Merah Putih, Merdeka..  Merdeka !!!!,” kata Wali Kota Risma dalam pidatonya, Kamis(19/9/2019).

Pada pidatonya itu, Wali Kota Risma juga didampingi oleh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Surabaya. Menurutnya, peringatan ini harus terus dilakukan. Sebab ia menilai, bahwa ini merupakan upaya mentransfer kepercayaan diri untuk pemuda-pemudi. “Bahwa mereka tidak perlu takut menghadapi apapun dan jangan pernah untuk menyerah dengan segala keterbatasan yang ada,” tegasnya.

Karena itu, di era digital 4.0 ini, ia mengimbau kepada arek-arek Suroboyo supaya berjuang lebih keras lagi. Sebab, tantangan yang dihadapi pun berbeda dan lebih besar lagi. Namun demikian, orang nomor satu di jajaran Pemkot Surabaya ini telah mampu bersaing di era digital teknologi 4.0 tingkat dunia.

“Saya bersyukur, hasil survey penggunaan teknologi di Surabaya itu banyak produktifnya dibanding mudaratnya. Jadi artinya kita bisa gunakan untuk menunjang keberhasilan dari tujuan kita,” kata dia.

Presiden UCLG Aspac itu juga berpesan, dalam pemanfaatan teknologi jangan sampai teknologi yang menguasai penggunanya (manusianya). Akan tetapi sebaliknya, pengguna lah yang harus menguasai teknologi agar tujuan masyarakatnya bisa hidup lebih sejahtera. “Jadi artinya kita tidak perlu takut. Sebetulnya Surabaya ini sangat maju untuk digital 4.0. Dan itu dunia sudah mengakui tentang industri 4.0 di Surabaya,” jelasnya.

Salah seorang pelajar asal SMP Negeri 6 Surabaya, Achmad Raffi, yang turut menyaksikan teatrikal perobekan bendera ini mengaku memiliki kesan tersendiri. Selain momentum ini menjadi pengingat jasa-jasa pahlawan, ia menyebut bahwa Wali Kota Risma selama ini juga terus memberikan semangat kepada mereka.

“Bu Risma selalu memberikan semangat kita untuk terus berjuang. Jadi aku bangga menjadi pelajar di Surabaya, terima kasih bu sudah menyemangati kami terus,” kata Achmad Raffi.(robby/hm)

Loading...

baca juga