D-ONENEWS.COM

Distribusi Surat Suara Caleg DPRD Surabaya Salah, Tiga TPS Potensi PSU

Distribusi Surat Suara Caleg DPRD Surabaya Salah, Tiga TPS Berpotensi PSUSurabaya,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya salah mendistribusikan surat suara. Untuk Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD kota ke 3(Tiga) Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah kecamatan Tandes Surabaya.

Kesalahan distribusi tersebut terjadi di TPS 06 Balongsari, TPS 12 Banjarsugihan dan TPS 02 Manukan Kulon.

Para pemilih yang terdaftar mencoblos di ketiga TPS itu, tak mendapat surat suara untuk Caleg DPRD kota Surabaya. Lantaran pihak panitia penyelenggara Pemilu menarik surat suara yang salah.

“Karena ada kesalahan, para pemilih tidak mendapatkan surat suara Caleg DPRD kota Surabaya. Surat suara hanya memilih atau mencoblos Capres-Cawapres, Caleg DPR RI, DPRD Provinsi  dan Caleg DPD (Dewan Perwakilan Daerah) saja,” ujar salah-satu petugas KPPS, saat mengumumkan ke para calon pemilih yang tengah antri coblosan di TPS 06, RT-01/RW-02 Balongsari, Rabu(14/2/2024).

Penyelenggara Diskusi Model PSU

Dimas Ketua Pangawas Pemilu (Panwas) Kecamatan Tandes, membenarkan adanya kesalahan pengiriman surat suara di tiga TPS di wilayah Tandes Surabaya.

“Dugaannya ada kesalahan dari vendor yang di tunjuk KPU dalam memasukkan surat suara untuk Caleg DPRD kota Surabaya,” kata Dimas melalui selulernya.

Ia menambahkan, temuan salah masukkan surat suara tersebut, terjadi di tiga TPS di wilayah Kecamatan Tandes.

“TPS yang bermasalah pada distribusi surat suara Caleg DPRD kota Surabaya, di temukan di TPS 06 Balongsari, TPS 12 Banjar Sugihan dan TPS 02 Manukan Kulon. Sementara lainnya benar,” ujarnya.

Menurut dia, surat suara yang salah sudah langsung di tarik oleh pihak penyelenggara dari ketiga TPS di wilayah kecamatan Tandes atau di daerah pemilihan (Dapil) 5 Surabaya Kota.

Ia menegaskan, Pemungutan Suara Ulang (PSU) berpotensi akan di laksanakan oleh penyelenggara pada ketiga TPS bermasalah tersebut.

“Sekarang masih koordinasi antara Panwascam, Bawaslu Kota dan KPU Surabaya. Tapi memang berpotensi untuk digelar PSU. Koordinasinya membahas soal PSU untuk semua surat suara atau hanya Caleg DPRD kota Surabaya saja. Ini masih di diskusikan,” tegasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Surabaya bidang pemungutan suara, Soeprayitno belum bisa di konfirmasi atas temuan kesalahan distribusi surat suara di tiga TPS di wilayah Kecamatan Tandes, Dapil 5 Kota.(robby)

Loading...

baca juga