D-ONENEWS.COM

Dua Kali Sehari Guguran Awan Panas Gunung Semeru Keluar, Warga Diminta Waspada

Lumajang,(DOC) – Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, kembali erupsi dan mengeluarkan awan panas guguran, Rabu(2/3/2022).

Guguran Awan Panas terjadi pukul 22.16 WIB dengan jarak luncuran 4,5 kilometer.

Luncuran APG ini berlangsung sekitar 1200 detik. Jika dihitung menit, setidaknya erupsi ini terjadi selama 20 menit.

Diketahui, dalam sehari ini Gunung Semeru sudah dua kali erupsi berupa luncuran APG. Kejadian pertama pada dini hari sekira pukul 03.00 WIB tercatat di seismogram dengan Amplitudo maksimum 22 mm, lama gempa 900 detik, dengan jarak luncur 4 km dari puncak arah Besuk Kobokan.

Akibat Kejadian itu, pada pagi harinya sempat mengakibatkan hujan abu di Desa-desa sekitaran lereng Gunung Semeru.

Kalaksa BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengatakan, bahwa status Gunung Semeru saat ini berada di Siaga level III. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada.

“Kami berharap kepada warga masyarakat tidak beraktivitas di sekitaran sungai yang berhulu dari Gunung Semeru. Radius yang dilarang 13 kilometer di wilayah Tenggara. Kawasan tersebut adalah Curah Kobokan,” Harapnya.

Selain itu, selama Semeru masih berderu warga juga dilarang melakukan aktivitas di radius 5 kilometer dari kawah atau Puncak Jonggring Saloko. Sebab kawasan tersebut rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

“Dengan status Gunung Semeru ini Siaga level III tentu himbauan kami agar masyarakat tetap waspada,” pesannya.(imam)

Loading...

baca juga