D-ONENEWS.COM

Enam Tuhan Ikut Pemilu Di Jember Jawa Timur

Jember,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Jember Jawa Timur, dibingungkan dengan nama 6 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 mendatang.

Ke enam orang tersebut, memiliki identitas sama di Kartu Tanda Penduduk (KTP), yakni bernama Tuhan.

Kasus ini pernah terjadi di Banyuwangi Jawa Timur pada tahun 2015 lalu, namun hanya dimiliki satu orang saja.

Awalnya deretan nama Tuhan tersebut dikira palsu, sehingga KPU Jember segera melakukan validasi data terhadap nama ke enam orang tersebut.

Komisioner KPU Jember, Rima Diana, mengatakan, KPU juga sempat menurunkan tim Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk melakukan pencocokan di lapangan.

“Awalnya kami heran. Kok namanya Tuhan, dan hanya satu suku kata,” tandas Rima, Rabu(27/02/2019).

Saat pendataan ulang dengan mendatangi alamat rumahnya masing-masing oleh tim PPS, ternyata nama Tuhan tersebut memang benar cocok sesuai dengan kartu keluarga (KK) mereka.

“Kita pastikan dengan benar, tim PPS mencocokkan nama di KTP dengan di KK. Ternyata memang ada. KTP maupun KK-nya sama,” tandas Rima.

Sementara itu, komisioner KPU lainnya, Ahmad Hanafi, menjelaskan, ke enam warga bernama Tuhan itu tersebar di lima kecamatan, yakni kecamatan Arjasa, Balung, Patrang, dan Kencong. Sedangkan 2 nama Tuhan lainnya tercatat sebagai penduduk di kecamatan Sumberbaru, Jember, Jatim.

Hanafi memastikan, bahwa nama Tuhan itu bukan rekayasa karena telah terdata di DPT Pemilu 2014 lalu.

“Nama mereka sudah terdaftar di masing-masing TPS dan mereka berhak menyalurkan hak pilihnya,” imbuhnya.

Berdasarkan data KPU Jember, Tuhan dari Kecamatan Arjasa tercatat sebagai pemilih di TPS – 014 di Desa Kemuninglor. Tuhan dari Kecamatan Balung akan menyalurkan hak pilihnya di TPS – 022 Desa Tutul. Tuhan dari Kecamatan Patrang tercatat di TPS – 012 Kelurahan Slawu. Tuhan dari Kecamatan Kencong masuk DPT TPS – 079 di Desa Kencong. Dua Tuhan dari Kecamatan Sumberbaru tercatat sebagai pemilih di TPS – 011 Desa Pringgowirawan dan TPS – 013 Desa Karangbayat.(r7)

Loading...

baca juga