D-ONENEWS.COM

Gerindra Gugat Hasil Pilkada Jateng dan Jabar ke MK

Jakarta (DOC) – Partai Gerindra menyiapkan langkah gugatan hasil Pilkada Jabar dan Jateng ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan bakal dimasukkan usai KPU mengumumkan hasil perhitungan resmi.

“Kami masih mengumpulkan bukti dari seluruh saksi dan mengawalnya. Jika hasil rekapitulasinya terjadi perbedaan sangat tipis dan memungkinkan diuji, kemungkinan bisa ke MK,” kata Wakil Ketua Umum Gerindra, Ferry Juliantono, Kamis (28/6/2018).

Gerindra mengaku, kekalahan di Jabar dan Jateng beda tipis dengan pasangan yang keluar sebagai pemenang versi quick count. Contohnya di Jabar, hasil quick count SMRC menempatkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu di posisi kedua dengan raihan 29,58% suara. Beda tipis dengan perolehan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebesar 32,26%.

“Proses perhitungan manual oleh KPU Jawa Barat masih belum bisa menentukan siapa yang lebih unggul antara pasangan Ridwan Kamil dan Uu tau Sudrajat-Syaikhu, mengingat perbedaan yang sangat tipis,” ujar Ferry.

“Kenaikan tajam pasangan kami yang sangat di luar margin of error lembaga-lembaga survei menjadikan margin of error di quick count di Jabar menjadi tidak berlaku,” imbuh dia.

Kemudian hal yang sama, sebut Ferry, juga terjadi di Jateng. Misalnya, dengan data quick count SMRC, Sudirman Said-Ida Fauziyah meraup suara sebesar 41,42%. Sementara itu, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen memeroleh kemenangan dengan suara sebanyak 58,58%.

Menurut Ferry, hasil rekapitulasi suara versi KPU bisa jadi akan lebih kecil selisihnya.

“Sementara di Jawa Tengah dengan analogi yang sama, kemungkinan hasil rekapitulasi manualnya bisa lebih kecil selisihnya. Sehingga itu akan menimbulkan kesimpulan yang sangat berbeda terhadap hasil pilkada ini secara keseluruhan. Pilkada Jabar dan Jateng adalah kemenangan perlawanan oposisi,” tutup Ferry.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga