D-ONENEWS.COM

Gunung Semeru Mulai Keluarkan Lava Pijar

Lumajang,(DOC) – Gunung Semeru kembali mengeluarkan lava pijar. Meski begitu, status puncak tertinggi di Pulau Jawa itu masih berada di level II atau waspada.

Luncuran lava pijar terlihat sekitar pukul 05.30 WIB dengan jarak luncur 300 meter dari puncak.

“Guguran lava pijar teramati 4 kali jarak luncur sejauh 200-300 meter ke arah besuk kobokan,” Kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Mohammad Wawan Hadi Siswoyo, kepada D-onenews.com, Sabtu (28/11/2020).

Menurutnya, Luncuran lava pijar terlihat dari wilayah Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro. Lava pijar tersebut mengarah ke wilayah Besuk Bang dan Besuk Kembar.

“Luncuran lava pijar tersebut masih jauh dari pemukiman warga, serta tidak melakukan aktivitas sejauh 4 KM di sektor lereng selatan – tenggara,” tutur Wawan.

Untuk itu itu Ia menghimbau kepada masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 km dan wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru Jongring Seloko sebagai alur luncuran awan panas.

“Kami menghimbau masyarakat yang berada di lereng gunung semeru tetap tenang dan waspada,” tuturnya.

Dari data Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru periode 27 November 2020 pukul 00.00 – 24.00, Gunung Semeru mengeluarkan 2 kali letusan, guguran 3 kali, hembusan 7 kali, vulkanik dalam 2 kali, tektonik lokal satu kali dan tektonik jauh 3 kali. (Imam)

Loading...

baca juga