D-ONENEWS.COM

Hari Tani Nasional, Ribuan Massa Serbu Gedung DPR

Jakarta (DOC) – Ribuan mahasiswa, buruh, hingga petani bergabung dan menggelar aksi demonstrasi di Gedung DPR, Jakarta Pusat, pada Selasa (27/9). Aksi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional.

Beberapa aliansi yang terlibat di antaranya Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI dan Gerakan Buruh Bersama Rakyat atau Gebrak.

Dalam aksi tersebut mereka menyampaikan beberapa tuntutan. Mulai dari isu kesejahteraan petani hingga penolakan terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menyebut total personel yang diterjunkan untuk mengamankan aksi demonstrasi mencapai 4.400 personel. Mereka merupakan personel gabungan TNI-Polri.

Dari pantauan media ini, petani menjadi elemen yang paling banyak datang dari Indramayu. Rata-rata mereka sudah berumur bahkan ada nenek-nenek dan kakek-kakaek yang membawa anak kecil.

Tuntutan mereka di antaranya minta harga BBM diturunkan karena bensin mereka gunakan untuk mesin di sawah dan juga untuk motor atau mobil yang mengangkut hasil panen ke pasar.

Karena kecapekan akhirnya mereka duduk di trotoar sambil gelar bekal yang dibawa.

Loading...