D-ONENEWS.COM

Hujan Deras, Tanah Longsor dan Banjir Bandang Terjang Jember

foto: dokumen

Jember (DOC) – Intensitas hujan yang cukup deras selama beberapa jam mengguyur wilayah setempat pada Senin(19/10/2020) sore hingga malam mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor di Kecamatan Silo,  Kabupaten Jember.

“Untuk tanah longsor terjadi desa Guminter,  dan banjir Bandang terjadi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Silo. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa,” Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo, Selasa (20/10/2020).

Ia menjelaskan,  untuk tanah longsor terjadi beberapa titik sepanjang KM 34 – 38 Jalan Raya Gumitir yang menghubungkan Kabupaten Jember dengan Banyuwangi terjadi 14 titik longsor.

“Ada tiga titik yang mempunyai dampak potensi longsor susulan,” ujarnya.

Selain tanah longsor,  hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Silo,  juga mengakibatkan banjir bandang di Desa Jatimulyo.

Akibatnya,  banjir bandang yang membawa material lumpur dan menghantam pada bagian belakang SMPN 5 Silo.

“Akibatnya ruang kelas pembelajaran 1, 2 dan 3 mengalami kerusakan sedang, serta alat pembelajaran sebagian hanyut dan ruang pembelajaran tergenang lumpur sedalam 20 cm,” jelas Heru Widagdo.

Tanah longsor juga menyebabkan jalan di Desa Jatimulyo terendam lumpur setinggi 25 cm.

“Sehingga petugas membersihkan akses jalur tersebut, agar bisa dilalui oleh warga setempat,” imbuhnya.

Lebih lanjut,  ia menambahkan pihak BPBD Jember segera melakukan penanganan di lokasi terdampak banjir bandang dan tanah longsor.

“Karena dikhawatirkan terjadi banjir susulan yang akan membahayakan bagi masyarakat, setelah itu melakukan kegiatan pencegahan dan melakukan pembuatan jalur evakuasi,” tutur Heru Widagdo.

Selain itu pihaknya juga akan melanjutkan pelaporan ke dinas terkait, mengirim Tim Jitupasna untuk melakukan pembersihan sisa material di SMP Negeri 5 Silo dan membersihkan jalan yang terpendam lumpur.(imam)

Loading...

baca juga