D-ONENEWS.COM

Humas Pemerintah Harus Bisa Menyesuaikan dengan Perkembangan Zaman

Humas Pemerintah Harus Bisa Menyesuaikan dengan Perkembangan Zaman

Surabaya, (DOC)– Era informasi, komunikasi dua arah sangat diperlukan guna mendukung peran serta aktif seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur dan Humas Pemerintah. Hal ini dibahas dalam Workshop Badan Koordinasi Kehumasan (BAKOHUMAS) pada sesi materi public speaking yang digelar di Diskominfo Jatim, Kamis (20/9).

Dalam workshop yang melibatkan para pengelola atau operator media kehumasan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten dan Kota di Jawa Timur serta anggota Bakohumas Provinsi Jawa Timur ini, dihadirkan narasumber pakar di bidang komunikasi dari Universitas Airlangga, Nurul Ratna Sari, yang akan memberikan paparan tentang public speaking.

Humas pemerintah saat ini dituntut agar mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Materi public speaking menjadi sangat penting bagi pengelola ataupun operator media kehumasan. Di era informasi ini, cukup banyak sumber informasi sehingga perlu melibatkan masyarakat dan pemerintah.

“Kalau kita bicara tentang humas pemerintah, tantangan sementara ini adalah bagaimana kita bisa melibatkan partisipasi dari masyarakat, artinya pemerintah harus berjalan bersama denganmasyarakat, bergandengan tangan, kita menyebutnya itu community engagement,” jelas Sari.

Komunikasi dua arah sangat diperlukan, masyarakat perlu diberdayakan agar bisa terlibat. Artinya masyarakat perlu punya kemampuan untuk bisa terlibat diberbagai program dan agenda pemerintah.

“Pemerintah harus mau mendengar feedback dari masyarakat , kemudian feedback itu bisa masuk menjadi input pengembangan program, kebijakan, dan lain lain. Tentunya terus melibatkan masyarakat tidak hanya dari feedback saja tetapi dari peran yang lainnya,” paparnya.

Di era informasi, berarti informasi dapat muncul di tengah masyarakat itu sendiri, bukan dari pemerintahan saja. Masyarakat bukan hanya menjadi objek tapi juga subjek dalam agenda pemerintahan. “Kalau tren sebelumnya humas pemerintah itu komunikasinya satu arah, jadi dari pemerintah menyampaikan informasi ke masyarakat. Sekarang kita tidak bisa seperti itu karena era informasi,” tutupnya. (ren,uin/jn)

Loading...

baca juga