D-ONENEWS.COM

Ikut Upacara via Online, Cak Eri Maknai Hari Lahir Pancasila adalah Jiwa Kepahlawanan dan Gotong Royong

Surabaya,(DOC) – Peringatan Hari Lahir Pancasila pertama kali dilaksanakan secara terpusat melalui daring dan luring di Lapangan Pancasila Ende, Kotaraja, Ende Utara, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/6/2022). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan diikuti oleh jajaran dari DPR RI, MPR RI serta kementerian.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengikuti via online di lobby lantai 2 Kantor Balai Kota, bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Hendro Gunawan, jajaran asisten dan kepala PD. Para pejabat dilingkungan Pemkot Surabaya ini mengenakan pakaian adat khas Jawa Timur.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh anak-anak bangsa untuk bersama-sama membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Menanggapi itu, Wali Kota Eri Cahyadi memaknai bahwa Pancasila bagian dari semangat Kota Surabaya per-hari ini. Dirinya ingin, semangat Pancasila dan kepahlawanan menjadi satu kesatuan di seluruh jiwa warga agar ke depan, semakin hidup sejahtera dan mengutamakan rasa gotong royong.

“Di Hari Lahir Pancasila yang berdempetan dengan peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 729 ini artinya, semangat kepahlawanan dan Pancasila harus kita adopsi menjadi satu agar ke depannya warga semakin sejahtera,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Wali kota yang akrab disapa Mas Eri Cahyadi itu menambahkan, arti dan filosofi Pancasila dari sila pertama hingga kelima mempunyai dasar yang sama dengan visi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam membangun Kota Pahlawan. “Dengan kekuatan kebersamaan, gotong royong, serta kekeluargaan itu lah, insyaallah warga Kota Surabaya akan mencapai kebahagiaan,” pungkasnya.(hm/r7)

 

Loading...

baca juga