D-ONENEWS.COM

Infrastruktur Baru di Probolinggo Bisa Kembangkan Tapal Kuda

Probolinggo, (DOC) – Beberapa waktu terakhir pembangungan infrastruktur cukup besar dilakukan di Probolinggo. Mulai jalan tol dan kawasan pelabuhan yang diyakini membawa manfaat untuk perkembangan kawasan tapal kuda Jawa Timur ini.

Probolinggo yang berbatasan dengan Selat Madura dan merupakan kota terbesar nomor empat di Jawa Timur. Peresmian jalan Tol Probolinggo-Pasuruan praktis mulai meningkatkan kemudahan transportasi darat bagi masyarakat.

Tak hanya itu, pemerintah pusat juga melakukan pengembangan kawasan pelabuhan Probolinggo sebagai pintu ekspor Jawa Timur. Hal ini merupakan upaya pemerintah agar denyut perekonomian di Indonesia bagian timur semakin kencang.

Erick Thohir, Praktisi bisnis sekaligus Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN)
Capres-Cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, di Probolinggo, Jatim, Rabu
(10/4) mengatakan, selaku pengusaha nasional dirinya juga ikut menyaksikan peresmian jalan tol Probolinggo-Pasuruan sepanjang 40 km kilometer oleh Presiden Jokowi. Erick meyakini bahwa pembangunan infrastruktur seperti jalan tol atau pelabuhan akan meningkatkan aktivitas ekonomi yang merupakan fondasi bagi kemajuan Indonesia di masa mendatang.

“Dengan adanya jalan Tol Probolinggo-Pasuruan, jarak tempuh menjadi lebih cepat, 30 menit sehingga mobilitas barang, jasa, dan penduduk akan meningkat,” tegasnya.

Erick juga memprediksi, pada waktu ke depan kota yang berada di wilayah Tapal Kuda, Jatim ini, dengan pengembangan pelabuhan Probolinggo akan  menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Bali. Yang mana Pulau Bali juga masih merupakan destinasi wisata utama.

“Infrastruktur transportasi yang terintegrasi ini, dalam kacamata saya sebagai pengusaha, sangat luar biasa,” jelas Erick.

Ia menambahkan, meski di awal pembangunan infrastruktur pemerintah
mendanainya melalui APBN, namun dampak yang diharapkan akan menarik
dan juga memperkuat kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di
berbagai sektor yang bisa dikembangkan di Probolinggo seperti perkebunan, pertanian, hingga pariwisata.

“Inilah kesempatan bagi wirausahawan lokal, terutama di sektor perkebunan modern dan pariwisata untuk mengambil kesempatan,” imbuhnya.

Erick juga melihat, pemerintah juga sudah mendukung kesiapan sumber daya manusia di Probolinggo dan daerah lainnya melalui penguatan Balai Latihan Kerja (BLK) di Probolinggo. Fasilitas ini membantu untuk pembaruan kejuruan dan materi training serta sertifikasi bagi calon pekerja. Atau Kartu Pra-Kerja yang punya tujuan sama, serta pemberian modal usaha.

Selain itu, Erick mengharapkan agar generasi muda Probolinggo ikut mengambil peran dalam membangun Indonesia yang lebih maju.
Berkembangnya ekonomi kreatif di berbagai sektor harus benar dimanfaatkan untuk menjadi industri yang bermanfaat bagi banyak orang.
Terlebih, dukungan untuk menuju industri 4.0 saat ini sudah semakin
memadai.

“Banyak sekali peluang industri kreatif yang didominasi anak muda.
Baik itu kuliner, wisata, atau lainnya,” urai mantan pemilik klub Internazionale Milan ini.

Erick pun mengaku senang di Probolinggo, sejak lama sudah ada bisnis pengolahan sampah kota yang mencapai 50 ton setiap harinya. “Hal seperti itu yang harus ditiru dan diperbanyak karena dukungan infrastruktur untuk memudahkan kegiatan usaha,” tutupnya. (Pbr)

Loading...

baca juga