D-ONENEWS.COM

Ini Cerita Warga Selamat dari Awan Panas Gunung Semeru

Lumajang, (DOC) – Warga yang terdampak dari erupsi Gunung Semeru mengaku bersyukur bisa selamat dari terjangan awan panas.

Mina (35) warga Curah Koboan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo mengungkapkan bagaimana dirinya bisa selamat dari terjangan awan panas. Saat itu, dirinya bersama warga lainnya sembunyi di mushola.

Ia menceritakan, awalnya suaminya mendapatkan kabar dari keponakannya di Dusun Umbulsari bahwa ada lava dibelakang rumah.

“Setelah mendengar kabar suami saya langsung lari melihat lava yang ada dibelakang rumah,” ujar Mina.

Namun hanya berselang beberapa menit kemudian, sudah terjadi erupsi gunung semeru cepat. Saat itu kondisi langsung gelap seperti malam tidak kelihatan.

Mina bersama keluarganya langsung keluar sembunyi bersama warga lainnya sekitar 15 orang sembunyi di Mushola.

“Kaca Mushola meleleh terus karena terkena lava, saat itu saya bersama warga lainnya tetap berada di dalam Mushola,” ujarnya.

Tidak butuh lama hujan turun ada angin, abu sudah mereda karena sudah tidak panas, ia bersama warga lainnya langsung menyelamatkan diri untuk mengungsi.

“Alhamdullah semua selamat, walaupun semua rumah warga rusak parah akibat terjang awan panas,” terang Mina.

Sebelumnya, Gunung Semeru mengalami erupsi Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Gunung yang berada di Kabupaten ini mengeluarkan awan panas guguran (APG).

Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB. Warga sekitar Gunung Semeru berlarian panik berusaha menghindari gumpalan awan. Permukiman terdampak gelap gulita karena listrik mati. (Imam)

Loading...

baca juga