D-ONENEWS.COM

Panglima TNI Kerahkan Alat Berat ke Lokasi Terdampak Letusan Semeru

Lumajang, (DOC) – Panglima TNI Jendral Andika Perkasa meninjau langsung penanganan erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021).

Dalam kunjungannya, Panglima TNI akan mengerahkan alat berat untuk membantu penanganan dampak letusan Gunung Semeru.

Panglima TNI Jendral Andika Perkasa menyampaikan, pihaknya telah mengirikan 3 unit buldoser, 6 unit ekskavator, 3 unit black hole loader, 7 unit dumptruck, 2 unit penjernih air dan 1 tangki air untuk kebutuhan di Kecamatan Candipuro.

“untuk di Kecamatan Pronojiwo akan dikirimkan 1 unit buldoser, 3 unit black hole loader, 3 unit ekskavator, dan 3 unit dumptruck,” ujarnya.

Selain itu, Andika juga menyiagakan sejumlah tim medis, alat berat, fasilitas kesehatan dan helikopter.

“14 ambulan untuk melakukan evakuasi serta fasilitas kesehatan yaitu Rumah Sakit Angkatan Darat di Jember, Malang dan Surabaya,” jelasnya.

Panglima TNI Jendral menyebutkan, Komando dan pengendalian diserahkan penuh kepada Kepala BNPB selaku kepala penanganan penanggulangan bencana alam. Apabila membutuhkan Helicopter untuk bantuan evakuasi di stanby kan di malang.

“Komandan Korem sebagai Komando saat di lapangan dan Kepala BNPB sebagai kasatgas penanganan tanggap bencana. Alat Komunikasi menjadi alat yang penting dalam operasi kemanusiaan,” jelasnya.

Agar helikopter di standby di Kabupaten Malang dan Hercules disiapkan 2 dari Makassar dan malang yang dikhususkan kepada para pengungsi yang rentan.(Imam)

Loading...

baca juga