D-ONENEWS.COM

Inilah Ciri-ciri Hewan Kurban yang Sehat dan Layak Konsumsi

Bekasi (DOC) – Pemerintah Kota Bekasi mengimbau warga Bekasi untuk hati-hati memilih hewan kurban. Warga harus memahami ciri-ciri hewan kurban yang layak dan sehat untuk terhindari dari penyakit.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Kota Bekasi Drh. Sari mengungkapkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih hewan kurban.

Misalnya, hewan yang layak untuk dikurbankan di antaranya sehat, tidak cacat, dan cukup umur.

Sari mengatakan, hewan kurban yang sehat memiliki ciri berbulu bersih, mengkilat, muka cerah dan lincah. Nafsu makan hewan juga baik dan suhu badannya normal.

“Lubang kumlah (mulut mata hidung telinga dan anus) juga bersih dan normal. Hewan ini juga harus ditandai dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH),” kata Sari, seperti dilansir dari Kompas.com, Sabtu (25/7).

Kemudian, hewan yang dikurbankan itu harus tidak pincang, tidak buta, dan telinganya tidak rusak.

Sari mengatakan, kambing atau domba yang layak dikurban harus umur diatas 1 tahun ditandai tumbuhnya sepasang gigi tetap.

“Sementara, sapi atau kerbau umurnya harus diatas 2 tahun ditandai tumbuh sepasang gigi tetap,” ucap dia.

Terakhir, tubuh hewan yang dikurbankan juga harus proporsional.

Nantinya, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi akan menentukan mana hewan kurban yang sehat dan layak sehingga tidak membahayakan manusia jika dagingnya dikonsumsi.

Jika layak kurban, hewan tersebut akan diberi sertifikat. Oleh karena itu, kata Sari, masyarakat bisa memastikan kesehatan hewan kurban melalui surat keterangan kesehatan hewan atau sertifikat. (kc)

Loading...

baca juga