D-ONENEWS.COM

IPHI Jatim Buka Ruang Aspirasi Bagi Para Calon Jemaah Haji Soal Pembatalan Ibadah Haji Tahun Ini

Surabaya,(DOC) – Menyusul keputusan Menteri Agama (Menag) RI terkait pembatalan keberangkatan Haji tahun 2021, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Jawa Timur, Emil E Dardak menyampaikan rasa simpati terhadap para calon Jemaah Haji yang batal berangkat ke tanah suci.

Ia meminta masyarakat untuk tetap bersabar dan berdoa dalam menyikapi keputusan pemerintah tersebut.

“Kami turut bersimpati dan bersedih terhadap suadara-saudara kita yang sudah mendapat giliran, mungkin sejak tahun lalu. Mudah-mudahan diberikan Kesehatan dan kesabaran. Kita tetap harus berdoa dan optimis agar tahun depan sudah dibuka lagi haji,” ungkap dia.

Emil meminta para pengurus IPHI di masing-masing kabupaten/kota se Jawa Timur menjalin silaturahmi dengan para calon jamaah haji yang batal berangkat menunaikan ibadah rukun Islam ke lima di tanah suci pada tahun ini.

“Sebenarnya di IPHI itu ada istilah mabrur sepanjabgn hayat, itu bukan haji terus balik terus mabrur terus mabrur terus. Tapi ada Langkah-langkah yang harus dipupuk agar tetap mabrur. Nah mungkin kegiatan- kegiatan IPHI juga melibatkan para calon Jemaah haji, karena mereka sudah bagian dari kami (IPHI), karena sudah diniatkan untuk ibadah haji,” urainya.

IPHI Jawa Timur, lanjut Emil, tetap akan membuka tempat aduan bagi para calon Jemaah haji yang batal berangkat ibadah ke tanah suci. Namun sejuah ini belum ada aduan yang muncul dari para calon Jemaah haji asal Jawa Timur.

“Saya yakin pemerintah sudah mengambil kebijakan soal kebijakan tersebut. Tapi tetap IPHI tetap membuka ruang aspirasi, meski sampai sekarang belum ada yang muncul,” pungkasnya.(fadiv/r7)

 

Loading...

baca juga