D-ONENEWS.COM

Jepang Bantu Gedung dan Peralatan Sekolah MI Al-Hikmah Tuban

Jepang Bantu Gedung dan Peralatan Sekolah MI Al-Hikmah TubanTuban,(DOC) – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah Cengkong Kabupaten Tuban, Jawa Timur dapat bantuan hibah dari pemerintah Jepang.

Hibah Grassroots (akar rumput) untuk keamanan manusia tahun fiskal 2022 berupa bangunan gedung dan pengadaan peralatan sekolah.

Gedung baru sekolah MI Al-Hikmah di resmikan, Senin(29/4/2024) dan di hadiri oleh Konsul Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya TAKEYAMA Kenichi. Di damping Camat Parengan Dharmadin Noor dan Kepala MI Al-Hikmah Cengkong Abdul Wahid.

Jepang memberikan bantuan hibah ke organisasi atau LSM di negara-negara sahabat, termasuk Indonesia.

Hibah berupa proyek pembangunan ekonomi dan sosial berskala kecil, yang secara langsung memberikan manfaat ke masyarakat setempat. Seperti di bidang pendidikan, kesehatan, medis, air dan sanitasi, berdasarkan prinsip “keamanan manusia”.

Penerima bantuan hibah dari Pemerintah Jepang kali ini, yakni sekolah yang tengah menghadapi masalah peningkatan jumlah siswa dan usia bangunan.

Beberapa siswa MI Al-Hikmah terpaksa belajar di masjid terdekat dengan ruang kelas yang di sekat papan kayu.

Kini sekolah MI Al-Hikmah memiliki gedung berlantai dua dengan enam ruang kelas dan toilet. Masing-masing kelas juga sudah di lengkapi meja, kursi siswa dan guru serta papan tulis.

Dengan bantuan ini, di harapkan kegiatan belajar mengajar bisa tercipta dengan nyaman dan lingkungan sekolah lebih kondusif. Sehingga siswa dan guru dapat meningkatkan kualitas pendidikan dasar di wilayah tersebut.

Konjen Jepang Berharap Bantuan Terpelihara

Dalam kesempatan itu, Konjen TAKEYAMA meminta kerjasama lebih-lanjut untuk memastikan, bahwa gedung baru dan peralatan sekolah, bantuan Jepang tetap terpelihara dengan baik.

“Bantuan di pelihara dan di gunakan secara maksimal dalam jangka panjang,” kata Konjen TAKEYAMA.

Ia-pun berharap, proyek ini dapat memberikan andil untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di wilayah Tuban.

Camat Parengan Tuban Dharmadin mengatakan, bantuan pemerintah Jepang ini, akan sebagai dukungan pendorong demi peningkatan kualitas pendidikan.

“Termasuk pengembangan SDM dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Abdul Wahid menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan dari Pemerintah Jepang.

“Kami akan memanfaatkan secara maksimal gedung dan peralatan sekolah bantuan ini. Dengan memberikan pendidikan yang lebih berkualitas ke para siswa sekarang dan di masa depan,” tutupnya.(r7)

Loading...

baca juga