D-ONENEWS.COM

Kemensos Bersama Komisi VIII DPR RI Serahkan Bantuan di Medan

Medan,(DOC) – Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra “Bahagia” di Medan menjadi salah satu tujuan Komisi VIII DPR RI dalam agenda kunjungan kerja (kunker) reses di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) masa persidangan V, tahun sidang 2022-2023.

Kunker di hadiri 13 anggota Komisi VIII DPR RI dengan di ketuai oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka. Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Jawa Barat tersebut menyatakan, kehadiran wakil rakyat adalah untuk melaksanakan tugas dalam fungsi pengawasan.

Dalam pernyataannya, Diah Pitaloka menyatakan, Kemensos sebagai kementerian yang bertanggung jawab dalam membantu masyarakat miskin dan rentan. Sehingga program dan bantuan yang di alokasikan untuk penerima manfaat, perlu di pastikan memenuhi kebutuhan dan menjawab permasalahan KPM.

Kepada KPM, Diah Pitaloka juga memberikan motivasi agar mereka tidak patah semangat. Sebab negara hadir untuk memenuhi kebutuhan mereka. “Negara melalui Kemensos telah memberikan bantuan. Tinggal bapak dan ibu harus terus menguatkan tekad dan semangat. Insya Allah pasti bisa meringankan beban hidup dengan usaha,” ucap Diah Pitaloka di Medan, Jumat(14/07/2023).

Kehadiran anggota Komisi VIII DPR RI di sambut langsung oleh Kepala Sentra Bahagia Medan Iman Imaduddin. Bantuan yang di serahkan Kemensos bersama dengan Komisi VIII DPR RI untuk PPKS di Provinsi Sumatera Utara senilai total Rp597.347.590. Bantuan terdiri dari bantuan Asistensi Rehabilitias Sosial (ATENSI) berupa alat bantu aksesibilitas (kursi roda dan tongkat jalan) serta santunan korban bencana kebakaran.

Iman mengatakan, ada 2 UPT Kemensos di Medan dan keduanya menerapkan sistem multilayanan sehingga bantuan tidak terfokus pada satu klaster rehabilitasi saja.

“Di Provinsi Sumatera Utara terdapat dua UPT Kementerian Sosial yaitu Sentra Insyaf di Deli Serdang dan Sentra Bahagia di Kota Medan, sesuai kebijakan pimpinan semua sentra sudah multi layanan dan harus memberikan pelayanan sampai tuntas kepada semua kelompok rentan, Katanya.

Pada kesempatan yang sama di serahkan pula bantuan PKH Tahap II Tahun 2023 untuk Provinsi Sumatera Utara melalui Himbara senilai total Rp384.296.711.000.

Selain penyaluran bantuan sosial di aula Sentra Bahagia Medan, Iman juga memberikan kesempatan penerima manfaat penyandang disabilitas netra asal Simalungun untuk menampilkan bakatnya dalam bernyanyi dan bermain musik.

Kesempatan itu di sambut gembira oleh Melania Damanik. “Saya merasa senang mendapat kesempatan bernyanyi dan main keyboard mengiringi anggota DPR. Ini bentuk apresiasi atas bakat yang kami miliki serta kesempatan yang sama,” ungkap Melania.

Pasca penyerahan bantuan, Diah Pitaloka menyampaikan bahwa dirinya berharap Kemensos terus memperluas sasaran bantuan sosial dan memastikan bantuan sosial tersebut tepat sasaran, tepat nilai, tepat waktu dan tepat kualitas.(hm/r7)

Loading...

baca juga