D-ONENEWS.COM

Kemensos Salurkan Bantuan ATENSI Bagi Penyandang Disabilitas di Sumatera Utara

Kabupaten Karo, (DOC) – Layanan dan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) disalurkan kepada penyandang disabilitas di Provinsi Sumatera Utara. Di masa pandemi ini, Kementerian Sosial melalui Balai Besar “Kartini” di Temanggung terus menjangkau penyandang disabilitas di berbagai wilayah di Indonesia.

Juena Sitepu Kepala Balai Besar “Kartini” Temanggung mengatakan ada dua kabupaten yang akan disasar untuk penyaluran bantuan yaitu Kabupaten Kato dan Humbang Hasundutan. “terdapat 85 penerima manfaat bantuan di Kabupaten Karo. Rinciannya, sebanyak 30 orang yang dibina oleh Omega di Kecamatan Kabanjahe mendapat bantuan sosial sebesar Rp107 juta untuk pengemabangan kewirausahaan,” ujarnya, Jumat (25/06/2021).

Ia menyebutkan sebanyak 52 penyandang disabilitas penerima manfaat layanan ATENSI berbasis keluarga akan diberikan bantuan kewirausahaan yang akan dipergunakan untuk modal usaha beternak ayam , kambing, pengadaan keyboard, usaha pembuatan peyek, perlengkapan sekolah, sembako, sepeda motor Viar, kaki palsu adaptif, kursi roda, dan fisioterapi. “Penerima bantuan itu berdasarkan hasil asesmen kebutuhan yang dilakukan oleh pekerja sosial berupa pengembangan kewirausahaan,” ungkapnya.

Sesuai arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kementerian Sosial harus merespon cepat dalam memberikan layanan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). “Hal ini akan tercapai bila keluarga dan masyakarat sekitar memberi dukungan penuh kepada mereka,” paparnya.

Komisi VIII DPR RI, Rudi Hartono Bangun yang turut hadir dalam acara mengatakan apresiasi terhadap program bantuan ATENSI di Balai Besar “Kartini” Temanggung yang ditujukan bagi penyandang disabilitas fisik maupun intelektual. “Bantuan ini sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas penyandang disabilitas agar bisa mandiri secara ekonomi,” ujarnya.

Ia berharap Balai Besar Kartini Temanggung lebih banyak menyasar penyandang disabilitas di luar binaan LKS dan perorangan. Pihaknya siap mendukung program yang benar-benar fokus untuk memenuhi kebutuhan kalangan disabilitas. (Hm/Fr)

Loading...

baca juga